5 Hal Mengenai Wulan Kenanga




Hi, Happy New Year!

Hari ini tepat tanggal 1 Januari 2024, setelah lama memiliki blog ini, akhirnya saya memutuskan untuk mengubah niche blog yang awalnya traveling and culinary, menjadi lifestyle and writer. Sebenarnya, tidak jauh berbeda dengan blog satunya yakni di www.wulansari.net. Namun, di sini akan lebih banyak membahas mengenai dunia kepenulisan. Namun, untuk mengawalinya saya akan menulis dengan tujuan menaikkan parameter blog ini.

Baik, postingan pertama di tahun 2024 di blog ini adalah mengenai 5 fakta mengenai Wulan Kenanga. Dengan adanya tema ini membuat saya dan mungkin kamu lebih mengenal diri sendiri. Mungkin, hal ini merupakan sesuatu yang bagus untuk memulai tahun.

5 Hal Mengenai Wulan Kenanga


Ingin menerbitkan novel sejak kelas 3 SMP


Saya sudah menyebutnya dalam video di TikTok maupun reels. Di unggahan facebook maupun artikel di blog pribadi saya bahwa saya ingin menerbitkan novel solo secara mayor sejak kelas 3 SMP. Kalau dihitung mundur, kira-kira saat itu usia saya akhir 15 tahun. Kala itu, saya membaca novel Dealova karya Dyan. Dyan saat menulis novel tersebut masih duduk di bangku SMA, sehingga saya berpikir, kalau Dyan bisa saya pun bisa?

Nyatanya, karir menulis saya tidak semulus Dyan. Saya terseok-seok, penolakan sana sini, sebutan 4LAY semacamnya masuk ke telinga saya. Namun, karena saya sangat ingin menjadi novelis, saya terus mengejarnya sampai akhirnya novel pertama saya terbit di penerbit mayor Gradien Mediatama dengan judul MADEIRA.

Saat novel itu terbit, usia saya adalah 31 tahun.

Berusia 33 di tahun 2024


Sungguh kejutan, tahun 2024 saya berusia 33 tahun. Hal pertama yang saya sadari ketika masuk kepala 3 adalah usia dengan kepala 3 dan belum menikah tidak semenakutkan itu. Dulu, banyak hal yang saya cemaskan. Seperti tidak akan dapat pekerjaan, lalu takut ketika usia 30 tahun belum menikah. Nyatanya, usia 30+ menjadi usia paling produktif selama saya hidup. Saya banyak menulis artikel dan menerbitkan novel. Bisa dikatakan, saat ini adalah usia emas saya. Hal mengejutkan lainnya adalah saya bisa mencintai diri saya sendiri dengan kemampuan yang serba terbatas ini.

Sedang belajar Bahasa Inggris 


Saya pernah membahas di blog saya Wulan Kenanga bahwa salah satu hal yang membuat saya menyesal adalah tidak belajar bahasa Inggris dengan serius. Di zaman sekarang, bahasa Inggris sangat penting terutama untuk pekerjaan saya. Jujur, karena bahasa Inggris tersebut komunikasi saya kurang dalam pekerjaan, terutama ketika ingin bekerja sama dengan klien abroad.

Namun, saya tidak tinggal diam. Saya masih belajar meskipun tidak ada peningkatan yang kentara. Saya masih bingung ini dan itu. Berharap di tahun 2024 saya lebih serius lagi.


Menulis Buku Non-Fiksi 


Tidak banyak yang tahu bahwa di tahun 2024 ini saya akan menulis buku non-fiksi. Sebelumnya, saya sudah menerbitkan dua buku fiksi secara mayor. Rencananya tahun ini saya akan menerbitkan non-fiksi. Mengenai apa? Tidak jauh-jauh yakni mengenai pekerjaan saya yakni freelance writer. Tentunya, saya berharap tetap bisa menulis novel di tengah-tengah kesibukan menulis buku non-fiksi.

Anak Tengah dari Tiga Bersaudara


Saya sering memamerkan adik perempuan saya. Tapi, sebenarnya saya memiliki seorang kakak laki-laki. Bisa dibilang, saya anak kedua atau anak tengah. Namun, saya lebih dekat dengan adik perempuan saya. Mungkin alasannya karena kami sama-sama perempuan.

Itu dia 5 hal mengenai Wulan Kenanga. Mungkin, kamu sudah tahu dan mungkin ada hal yang belum kamu ketahui.

10 comments:

  1. Salah satu penulis yang cerita di wattpadnya berulang kali aku baca sampai sekarang. Thank you, kak, for inspiring me 😊

    ReplyDelete
  2. Yang ditunggu-tunggu akhirnya post juga, mba Wulan mohon bimbingannya yaa

    ReplyDelete
  3. Sama ka masih berusaha belajar Bahasa Inggris soalnya dibutuhkan banget ya ka, aku les bahasa Inggris di pare aja masih belibet kalo disuruh speaking pake English 😅

    ReplyDelete
  4. Bisa mencintai diri sendiri adalah sebuah keindahan tersendiri. Proud of you, kak Wulan.

    ReplyDelete
  5. Wah sama semua, kecuali menulis buku non fiksi, saya baru saja berulang tahun yg ke 32 th Desember lalu. Alhamdulillah masih single

    ReplyDelete
  6. Hi Kak Wulan, salam kenal aku Caca. Btw terimakasih ya untuk ilmunya, insyaallah aku konsisten nge-blog seperti Kakak

    ReplyDelete
  7. Tidak sabar menunggu karya buku non fiksinya.

    ReplyDelete
  8. Aku juga tidak menyangka, aku sekarang berusia 30 tahun. Dan detik ini pula masih belum menikah. Tapi, benar kata mbak di usia inilah benar-benar saat bangga dan cintanya pada diri sendiri. Semoga aku juga bisa seproduktif mbak 🤗

    ReplyDelete
  9. Senang bisa lebih mengenal Kak Wulan ^^

    ReplyDelete