Semangkuk Bakso Pedas Penghilang Kesedihan

taken from pexels.com


Setelah dewasa saya baru memahami bahwa kesedihan itu bagian dari hidup. Emosi memiliki banyak wujud. Senang, sedih, marah, kecewa, cemas, ragu-ragu, dan lainnya. Hal ini saya ketahui ketika saya konsultasi ke psikolog. Saat itu, saya patah hati dan saya bingung dengan diri sendiri. Seringnya, saya menyalahkan diri sendiri karena saya telah salah memilih pasangan. Akhirnya, saya memutuskan untuk berkonsultasi. Ternyata, emosi memiliki banyak jenis, bukan hanya mengenai marah saja.

Setiap orang memiliki cara tersendiri ketika sedih. Memang, semestinya ketika sedih kita harus berserah diri pada Allah. Namun, melakukan hal yang lain pun bentuk dari ikhtiar yang bisa kita lakukan.

Saya pernah membuat status drama Korea apa yang bagus. Saya ingin menontonnya secara maraton untuk melupakan kesedihan saya. Saat itu, teman saya berkomentar, katanya lebih baik dipakai mengaji saja. Padahal itu juga sudah saya lakukan. Saya ingin mencari jalan lain, daripada saya melakukan hal yang tidak baik. 

Bukankah setiap orang memiliki cara sendiri untuk mengikis perasaan sedihnya? Bukankah jalan baik dari Allah pun banyak macamnya?

Maka, ini adalah hal yang saya lakukan ketika sedih. Hal yang paling mudah dilakukan dan bisa meringankan perasaan sedih itu meskipun hanya sesaat.

1 | Beli Bakso Pedas


Biasanya saya membeli bakso pedas ketika menjelang datang bulan. Kamu tahu, kan, biasanya perempuan menjelang datang bulan selalu memiliki mood yang buruk. Ada saja hal yang membuat hati gelisah dan ingin menangis. Aneh, sih. Tapi memang seperti itu adanya. Tidak dilebih-lebihkan atau diapa-apain, memang begitu. 

Saya akan pergi ke warung bakso seorang diri, membeli satu porsi kemudian memakannya dengan tenang. Saya memiliki kebiasaan makan bakso seperti ini: saya memasukkan satu dua sendok sambal ke kuah bakso, mengaduknya, lalu menghabiskan kuah dan mi bakso sampai bersih. Terakhir, saya memakan bakso dan tahu dengan saus tomat yang banyak. Setelah makan bakso pedas, perasaan saya lebih baik. Ada kenikmatan yang sulit saya jelaskan.

Tapi, jujur, nih, kamu ngiler tidak membaca deskripsi saya?

2 | Ngafe


Salah satu hal yang membuat saya sedih adalah karena bosan. Hal ini bisa saya atasi dengan datang ke kafe seorang diri, membeli kopi, lalu menulis dengan tenang. Biasanya, datang ke kafe seorang diri lebih produktif daripada ramai-ramai, karena seperti kerja kelompok waktu sekolah dasar, datang ke kafe ramai-ramai justru sibuk bercerita.

3 | Nangis


Kalau ini sudah pasti, ya. Saya pun menangis ketika sedih, bahkan saya tidak tahu sedih karena apa. Seperti kemarin, saya tiba-tiba menangis tanpa sebab. Sepertinya, karena hari pertama datang bulan. Mood saya buruk dan akhirnya apa pun itu membuat saya kesal.

4 | Nonton Drama Korea atau Nonton ke Bioskop


Sudah saya sebutkan di atas, saya pernah maraton drama Korea ketika saya sedih. Dulu malah saya pergi ke bioskop seorang diri untuk menonton film. Kalau diingat-ingat, sudah lama tidak melakukan hal itu. Sepertinya, saya sudah mulai bisa mengatasi perasaan saya sendiri.

Ya, mungkin memang semangkuk bakso pedas sudah cukup mengobati, ya. Semoga sesederhana itu bisa mengobati perasaan kita.

8 comments:

  1. agree, cara tiap orang mengatasi kesedihan ga bisa disamaratakan..tetep semangat kak wulan

    ReplyDelete
  2. Biasanya langsung level 3 sendok sambalnya

    ReplyDelete
  3. Sama kak jadi langganan bakso tiap mellow

    ReplyDelete
  4. wah iya, menonton bioskop. saya beberapa kali sendiri dan lebih... bebas rasanya hehe. plus sama ngafee

    ReplyDelete
  5. cocok sekali kalau pas lagi musim hujan kayak gini :)

    ReplyDelete
  6. Ngafe sama nonton film di bioskop sendirian pernah aku lakuin dan memang rasanya lebih bebas yaa, hanya saja sebagian orang melihatnya aneh.

    ReplyDelete
  7. Kakkk asik banget kayaknya yaa sambil ngafe tapi tetap konsisten bloging, manifest ngafe + jadi blogger yang cuan nya ngalir terus 😍

    ReplyDelete
  8. Pengen ngikutin jejak kak wulan. Ngafe sambil blog semoga aja bisa.

    ReplyDelete