Tanpa 5 Aplikasi Ini, Saya Tidak Bisa bekerja Dengan Baik

taken from pexels.com


Memiliki aplikasi-aplikasi di ponsel maupun di laptop merupakan hal yang wajib. Terutama untuk pekerja lepas seperti saya. Menggunakan software maupun aplikasi yang ada tentu untuk memperlancar pekerjaan. Nah, tema kali ini adalah 5 aplikasi yang tidak bisa saya tinggalkan. Terutama, aplikasi yang memang untuk bekerja maupun sekadar untuk research. 

5 Aplikasi Penting Dalam Hidup Saya


1 | WhatsApp


Tidak tahu kenapa, tiap bangun tidur selalu membuka aplikasi WhatsApp ini. Rasanya selalu penasaran apakah ada pesan masuk atau tidak. Memang, aplikasi ini menjadi aplikasi penghubung saya dengan teman-teman, keluarga, klien, penerbit dan lainnya. Jadi, saya benar-benar tidak bisa lepas dari aplikasi ini.

2 | Instagram


Setelah WhatsApp, aplikasi yang saya buka adalah Instagram. Sama dengan WA, di Instagram pun saya menantikan notifikasi. Apalagi, kalau ada pesan mengenai kerja sama. Wah, pasti berbunga-bunga dong. Makanya, saya sering mengecek Instagram. Sebab, kalau email kan ada notifikasi khusus dan kebanyakan email memang berisi kerja sama. Jadi, saya tidak perlu membukanya secara berkala.

3 | TikTok


Dulu saya pernah berkata bahwa saya tidak akan menginstall aplikasi ini. Bagaimana tidak? Isi dari video-video di TikTok adalah mengenai joged-joged tidak jelas. Namun, kini banyak video edukasi, video informasi, video masak, dan video estetik yang selalu memanjakan mata. Maka, saya pun sering membuka aplikasi ini.

4 | Google Drive


Google Drive saya buka ketika sudah buka laptop. Sudah jelas, GDrive saya pakai untuk menulis menggunakan Google Document. Sejak mengenal GDrive saya sudah tidak menggunakan Ms. Word lagi. Aplikasi MS. Word hanya saya pakai sesekali saja, jika diperlukan. Selebihnya saya menggunakan Google Document saja.

5 | FastWork


Fastwork merupakan situs freelance Indonesia. Mereka pun punya aplikasinya. Maka, saya sering membukanya, terutama ketika dapat chat dari klien. 

Selain 5 aplikasi di atas masih banyak aplikasi penting yang saya pergunakan seperti aplikasi KlikBCA, xTiles, Pinterest dan Shopee. Tapi, karena diminta 5 saja, maka saya sebutkan di atas saja. :) 

Semoga bermanfaat!

3 comments:

  1. wah fitur google doc lengkap kah ka? aku masih kesusahan makai hehe

    ReplyDelete
  2. XTiles itu apps apa yaa, kak Wulan, kalau boleh tau? Aku juga kadang nyari2 referensi pas jaman pingin bikin website ke fastwork juga.

    ReplyDelete
  3. wah fastwork pengen juga dapet pekerjaan freelance lewat fastwork

    ReplyDelete