Kelebihan Kerja Sama Dengan Blogger



Kelebihan Kerja Sama Dengan Blogger - Setelah bertahun-tahun berkecimpung di dunia digital marketing, saya memahami bahwa ketika brand meminta influencer baik selebgram maupun selebtok itu agar produk mereka cepat dikenal dan akan mendapatkan feedback yang cepat. Akan tetapi, promosi di TikTok maupun Instagram hanya akan memberikan dampak cepat, kemudian hilang. Maka, apabila kamu ingin mempromosikan produk dengan jangka waktu panjang atau lama, lebih baik bekerja sama dengan blogger. 

Saya mengatakan hal ini bukan karena saya seorang blogger, melainkan karena memang faktanya seperti itu. Hal-hal viral akan hilang dalam sekejap saja, kemudian kamu harus mempromosikan lagi produkmu. Sedangkan marketing blogger bersifat lebih lama meskipun feedback yang didapatkan cenderung lambat.

Di bawah ini merupakan alasan kenapa kerja sama dengan blogger itu menguntungkan. 

Kelebihan Kerja Sama Dengan Blogger


1 | Artikel Lebih Personal


Seorang blogger umumnya menulis artikel secara personal, seperti pengalaman dia mengurus KTP atau mengurus surat SIM dan lainnya. Maka, mereka sudah sangat biasa menulis secara soft selling. Katakanlah seorang blogger menulis ulasan mengenai sebuah restoran, maka dia akan menulis dari sudut pandangnya sendiri. Sehingga, pembaca akan lebih percaya akan review tersebut. 

2 | Bersifat Lifetime


Menulis artikel di blog memang tidak akan langsung berdampak pada sebuah brand. Ketika menerbitkan artikel, butuh waktu untuk terindeks oleh Google. Akan tetapi, artikel tersebut akan bersifat permanen atau lifetime. Sebab, artikel akan tetap ada sampai kapan pun selama blogger tersebut masih merawat blognya. Dengan begitu, ketika orang mencari kata kunci tertentu, bisa jadi artikel mengenai brand kamu akan muncul direkomendasikan oleh Google.

Hal ini pun berkaitan dengan SEO yang setiap blogger sudah pasti mempelajarinya. Kamu pun bisa memberikan kata kunci tertentu untuk memperkuat pencarian di Google.

3 | Backlink 


Selain membuat produk brand lebih dikenal, blogger pun memberikan backlink untuk sebuah brand. Backlink merupakan tautan atau link yang mengarah pada suatu produk. Dengan adanya backlink dari blogger atau website lain, situs brand tersebut akan lebih dipercaya oleh Google. Hal ini membuat website brand lebih mudah ditemukan di halaman Google. 

4 | Royal


Selain menulis review secara personal, blogger pun royal. Seringnya, mereka akan membagikan artikel ke media sosial bahkan ke grup-grup blogger. Dengan begitu, traffic untuk artikel tersebut akan lebih naik serta memiliki kesempatan dibaca oleh banyak orang.

5 | Review Detail


Blogger pun bisa menulis artikel dengan detail, disertai foto dan pendapat mereka mengenai produk tersebut. Ditambah lagi, masih banyak pengguna internet yang suka membaca review secara personal. Membaca sebuah artikel cenderung lebih santai dan mudah dipahami daripada menonton video atau review singkat di TikTok yang mungkin memiliki banyak bagian.

Itu dia keuntungan bekerja sama dengan seorang blogger. Menurutmu, lebih baik kerja sama dengan influencer atau blogger saja? Komentar, ya!

1 comment:

  1. setuju banget mbak, kerja sama dengan blogger ibarat kayak investasi jangka panjang haha

    ReplyDelete