Bagaimana Cara Seorang Blogger Menemukan Klien


Bagaimana Cara Seorang Blogger Menemukan KlienSetelah menulis mengenai bagaimana cara seorang blogger mendapatkan penghasilan, sekarang saya ingin memberitahu bagaimana cara seorang blogger menemukan klien. Pertanyaan tersebut pernah ditanyakan seseorang kepada saya ketika saya melamar pekerjaan bertahun-tahun lalu. Saat itu, penghasilan saya sekitar 2jt rupiah setiap bulannya dari menulis blog. Beliau penasaran bagaimana saya mendapatkan penghasilan tersebut dan bagaimana klien menemukan saya.

Terkadang, saya pun tidak tahu bagaimana klien menemukan saya. Namun, saya akan memberitahu teman-teman, garis besar bagaimana cara klien menemukan seorang blogger.

Cara Seorang Blogger Menemukan Klien


1 | Bergabung di Grup Blogger dan Mendaftarkan Diri


Umumnya, lowongan pekerjaan untuk blogger akan dibagikan di grup-grup blogger. Lowongan tersebut biasanya datang dari agensi, brand langsung, atau dari teman yang membagikan di grup. Kamu tinggal mengikuti intruksi dan mendaftarkan diri. Sebagai pengingat, bahwa meskipun kamu mendaftarkan diri, belum tentu kamu akan mendapatkan job tersebut.

Job untuk blogger sistemnya rebutan, terkadang pun dipilih oleh klien, sesuai atau tidak dengan keinginan mereka. Sebab, ketika menjadi blogger, akan banyak parameter yang harus kamu miliki untuk mendapatkan job tersebut. Bila beruntung, kamu bisa mendapatkan pekerjaan tersebut meskipun parameter blog kamu masih rendah.

2 | Melalui Email, Terkadang Melalui Media Sosial


Begitu mendaftar dan terpilih, biasanya kamu akan dihubungi melalui email maupun whatsapp. Tidak hanya job yang sudah kamu coba daftar sebelumnya, pun banyak klien yang menghubungi blogger lewat email. Mereka dapat data dari mana? Dari blog kita, tentu saja.

Maka dari itu, kamu harus mencantumkan data kamu, seperti nama, email, dan sosial media di blog. Sehingga, ketika klien ingin bekerja sama denganmu, mereka bisa menghubungimu dengan mudah. 

3 | Aplikasi atau Situs Influencer


Banyak situs yang menyediakan informasi pekerjaan. Di situs tersebut mempertemukan blogger dan brand. Sehingga, keduanya bisa menemukan satu sama lain. Tidak hanya situs atau aplikasi dari Indonesia saja, bahkan ada situs atau aplikasi dari luar Indonesia yang mencari influencer atau blogger. Sebagai contoh yakni intellifluen. 

Kamu cukup mendaftar ke situs-situs tersebut, kemudian isi data lengkap. Tentu, jangan lupa mencantumkan alamat blog serta media sosial kamu.

Ada dua cara agar kerja sama ini berlangsung yakni:

Pertama, kamu tinggal menunggu brand atau klien menemukanmu di situs tersebut. Nantinya, kamu akan dapat notifikasi bahwa kamu mendapatkan penawaran dari brand tersebut. Apabila kamu setuju dengan harga yang diajukan, maka kamu bisa menerimanya. Apabila tidak, kamu bisa menolak.

Kamu akan diberi waktu beberapa hari untuk menyelesaikan tugas, apabila selesai, kamu bisa melaporkan melalui situs tersebut. Apabila klien sudah puas, kamu bisa mendapatkan pembayaran.

Kedua, kamu mencari informasi job dari situs atau aplikasi tersebut, apabila sesuai dengan blog kamu, kamu bisa tekan apply. Begitu brand menerima pengajuanmu dan mereka menyetujuinya, kamu masih bisa memilih untuk lanjut atau tidak. Apabila lanjut, kamu akan diberi waktu beberapa hari untuk mengerjakannya.

Mengenai situs-situs untuk blogger tersebut, kamu bisa mengeceknya di sini.

4 | Informasi dari Teman


Terkadang, klien akan meminta ke salah satu blogger untuk direkomendasikan blogger lainnya. Jadi, dari mulut ke mulut. Maka, kamu bisa mendapatkan informasi job dari temanmu sendiri atau mereka merekomendasikan kita ke klien. Jadi, cari teman blogger sebanyak mungkin, bisa saja rezekimu bisa datang melalui mereka.

5 | Mengajukan Diri


Masih berkaitan dengan informasi dari teman, kamu bisa mencoba mengajukan blogmu kepada klien. Misalnya, temanmu A mendapatkan job AB, maka kamu bisa mencoba mengajukan blog kamu kepada mereka, apabila memang job AB membutuhkan blogger lagi. Kamu bisa menghubungi melalui email maupun kontak lainnya.

Itu dia cara seorang blogger menemukan klien. Semoga bermanfaat!

No comments:

Post a Comment