Mengisi Waktu Luang Ketika Bekerja



Bekerja di rumah tentu tidak akan terlepas dari rasa bosan. Untuk itu, saya melakukan kegiatan untuk mengisi waktu luang ketika bekerja. Hal ini saya lakukan agar terhindar dari perasaan bosan. Tak hanya melakukan hal produktif, kamu juga bisa melakukan hal yang membuat kamu senang saja kok. Sebab, tidak semua waktu harus dimanfaatkan untuk hal-hal produktif.

Melalui artikel ini, saya ingin memberikan sedikit kegiatan sederhana yang bisa kamu lakukan ketika ada waktu luang. Di sela-sela pekerjaan yang menumpuk, kamu bisa loh memanfaatkan waktu itu untuk menyenangkan diri sendiri.

Kegiatan Untuk Mengisi Waktu Luang


1 | Menonton Kanal Youtube



Menonton kanal youtube juga bisa kamu lakukan ketika mengisi waktu luang. Tentunya, kanal youtube yang kamu tonton yang membuat kamu senang dan membuat pikiran lebih tenang. Saya tidak akan merekomendasikan kanal youtube mana yang bisa kamu tonton, sebab setiap orang memiliki selera yang berbeda.

Saya pribadi lebih menyukai kanal youtube yang menampilkan kehidupan orang lain dalam sehari. Seperti kanal youtube Sueddu, Nao, dan kanal youtube sejenisnya. Sebab, mereka menampilkan kegiatan di rumah ketika bekerja, membersihkan rumah, membuat kopi atau sekadar bermain dengan kucing. Sebuah kanal youtube sederhana yang membuat saya lebih tenang sekaligus termotivasi.

2 | Menonton Film atau Drama


Di sela-sela kesibukanmu, kamu bisa menonton film atau drama yang sedang kamu ikuti. Menonton film tidak harus ke bioskop, kok, kamu bisa berlangganan di salah satu aplikasi yang sudah tersebar di Indonesia. Tentu saja, kamu harus menonton dari aplikasi legal, ya. Stop bajakan!

Selain menghibur, menonton film juga memberikan inspirasi untuk kamu, terutama bagi kamu yang bekerjanya di dunia kreatif. Tak hanya itu, menonton film atau drama di aplikasi legal juga membantu pekerja kreatif mendapatkan apresiasi berupa finansial. 

3 | Membaca Buku


Membaca buku menjadi hal wajib yang kamu lakukan setiap hari. Membacanya di waktu senggang sungguh sangat menyenangkan. Selain tidak akan mengganggu waktu sibuk kamu, kamu juga bisa menyelesaikan bacaanmu lebih cepat, tidak harus menunggu pulang kerja.

Tak hanya buku fisik, kamu juga bisa membaca buku di aplikasi seperti Wattpad dan lainnya. Saya juga menulis novel di aplikasi Wattpad, loh, judulnya After Wedding, Before Wedding, dan novel lainnya. Tentu, dengan membaca buku di aplikasi kamu juga bisa membantu saya dan penulis lainnya secara finansial atau sekadar menaikkan traffic. 

4 | Membuat Daftar Pekerjaan


Apakah kamu suka membuat jurnal untuk daftar pekerjaan? Apabila, iya, kamu bisa memanfaatkan waktu di sela-sela pekerjaan untuk melakukan itu. Menulis jurnal di sela waktu sangat bagus untuk menambah produktifitas, sehingga ketika kamu selesai bekerja dan pulang, kamu tidak perlu memikirkan hal lain lagi, selain istirahat.

Menulis daftar pekerjaan pun saya lakukan, sebab seringkali saya lupa mengerjakan sesuatu karena terlalu banyak pekerjaan.

5 | Bermain Game Solitaire


Bermain game tak hanya memberikan dampak negatif seperti lalai mengenai waktu, tetapi bermain game juga bisa membuat kamu berpikir lebih tajam dan memberikan kesenangan tersendiri. 

Saya sendiri lebih menyukai game yang ringan dan mudah dilakukan. Salah satunya adalah bermain kartu secara online di Solitaire.org. 

Dua game Solitaire yang sering saya mainkan belakangan ini adalah Klondike dan Golf. Dua game ini baru saja saya pelajari untuk menambah koleksi game di Solitaire. Alasan kenapa saya bermain game di sana, sebab game di sana 100% gratis dan aksesnya yang mudah serta ringan.

Game Klondike



Aturan bermain game solitaire klondike adalah dengan menyusun kartu mulai dari K,Q,J,10,9,8,7,6,5,4,3,2,A dengan selang seling warnanya. Tidak perlu melihat bentuk kartunya, tetapi melihat warnanya. Sehingga, kamu harus menyusunnya selang seling antara warna hitam dan merah.




Game Golf



Bermain game solitaire golf lebih menyenangkan lagi, kamu cukup melihat kartu yang berada di kanan bawah. Nah, kamu cari angka terdekat dari kartu tersebut, entah itu lebih tinggi atau lebih rendah. Misalnya, di kolom itu terdapat kartu angka 5 maka kamu cari kartu angka 4 atau 6. Kamu akan menang apabila kartu di layar utama habis. 




Selain dua game di atas, Solitaire.org juga memiliki game kartu lain seperti Pyramid, Spider, dan Freecell. Tak hanya itu, di sana juga ada game mahjong dan puzzles. 

Nah, begitulah cara saya menghabiskan waktu di sela-sela bekerja. Saya melakukan itu agar kehidupan saya lebih seimbang dan santai.

No comments:

Post a Comment