Tak Selalu Berkonotasi Negatif, Ternyata Bermain Game Memiliki Banyak Manfaat!



Akhir-akhir ini permainan digital atau yang sering kita dengar dengan kata game lebih mengarah ke konotasi negatif. Tentunya, hal tersebut memiliki alasan yakni banyak anak-anak maupun orang dewasa yang kecanduan game. Dalam serial Jepang Alice In Borderland dan serial Korea Sweet Home, tokoh utama digambarkan seorang remaja yang tidak memiliki pekerjaan dan kesehariannya hanya memainkan permainan digital saja. Dari gambaran tersebut, seakan-akan game memberikan dampak buruk bagi mereka, padahal sebenarnya tidak.

Tak ubahnya permainan tradisional, permainan digital juga memiliki manfaat untuk anak-anak maupun orang dewasa. Tentunya, kamu harus bisa membagi waktu dan membatasi diri dalam bermain game. Sebab, segala hal yang berlebihan memang tidak bagus.

Game yang terkesan negatif itu sebenarnya memiliki banyak manfaat, sebab bermain game bukan sekadar permainan saja, ada strategi yang harus disusun pemain agar bisa mengalahkan musuh atau mendapatkan poin bagus. 

Nah, apa saja, sih, manfaat bermain game itu? Simak penjelasan di bawah ini.

Manfaat Bermain Game


1 | Mencerdaskan

Tak sekadar buang-buang waktu, bermain game pun bisa mengembangkan kreativitas dan mencerdaskan otak. Bermain game butuh strategi khusus untuk memecahkan setiap level. Selain itu, dengan adanya gambar dalam game kreativitas dan imajinasi pun ikut berkembang.


Bermain game juga bagus untuk melatih konsentrasi serta kecekatan. Ada beberapa game yang membutuhkan konsentrasi dan kecekatan seseorang. Hal ini sangat membantu dalam menjalani kehidupan nyata, terutama kehidupan kerja.


Salah satu game yang bisa melatih kecepatan kamu adalah game Play Alan’s Pizzeria Game Online. Penjelasan mengenai game ini di bawah ya.


2 | Melatih Kerja Sama

Bermain game online pun bisa melatih kerja sama. Tentu saja, bermainnya dengan sesama gamers untuk membentuk sekutu. Dengan begitu, pemain game bisa melatih kerja sama, layaknya bekerja di dunia nyata.


3 | Menghilangkan Stress

Kebanyakan orang bermain game memang untuk hiburan dan menghilangkan stress. Salah satu manfaat bermain game pun bisa menjadi salah satu alternatif untuk meringankan kinerja otak, lebih enjoy menjalani hidup, serta mendapatkan hiburan yang mudah dan gratis.


4 | Melatih Kesabaran

Tak hanya skill dan strategi yang bagus, bermain game juga memberikan latihan kesabaran. Sebab, bermain game dituntut sabar dan berpikir matang agar bisa memenangkan suatu permainan, apalagi ketika bermain dengan teman. Bermain game ringan pun membutuhkan kesabaran besar, hal ini juga berpengaruh pada jenis game yang kita mainkan. 


Di bawah ini merupakan rekomendasi game online  ringan dan gratis yang bisa menjadi pilihan untuk bermain game


Rekomendasi Game Online Ringan

Apabila kamu takut bermain game karena berat, saya merekomendasikan bermain game di Plays.org. Di sini tersedia ribuan game ringan dan gratis yang bisa kamu akses melalui komputer dan smartphone. Sehingga, kamu masih bisa bermain game tanpa takut komputer menjadi berat. 


Play Alan’s Pizzeria Game Online



Game ini merupakan simulasi kegiatan yang terjadi di restoran pizza. Tentunya, tingkat kesulitan semakin meningkat di setiap levelnya. Awalnya, hanya ada satu per satu pelanggan. Kita cukup menekan bahan-bahan yang ada, kemudian memberi topping pizza dan memanggangnya. Di akhir, kita diminta menyerahkan pizza ke pelanggan. 





Hal yang perlu kamu perhatikan dalam bermain game ini adalah urutan dari topping keinginan pelanggan, kecepatan meracik, kemudian waktu memanggang. Sebab, apabila tidak cepat diangkat, pizza akan hangus, dan itu mengurangi nilai.

Ketika level bertambah, maka pelanggan akan semakin bertambah. Di sinilah titik kerepotan dalam bermain game ini. Apalagi, kita harus menggerakkan setiap karyawan dalam simulasi restoran itu seorang diri. 


Namun, di situlah tantangan bermain game ini. 


Guardians Defenders of Mathematica



Game satu ini sangat cocok untuk kamu yang maniak matematika seperti Jerome Polin. Untuk mengalahkan musuh - dalam game ini digambarkan sebagai monster - kamu harus menyelesaikan perkalian maupun penambahan dalam game sebagai cara melucutkan senjata. Bahkan, game ini mengatakan “Have your brain, pencil and paper ready!”. Itu berarti senjata yang kamu butuhkan adalah asah otakmu sendiri.





Serunya, kamu bisa memilih pemain dengan karakter kesukaan kamu, loh. 




Terus terang, ketika bermain game ini saya cukup kesulitan sebab pertanyaan yang dilontarkan setiap kali akan menyerang monster berbeda, sehingga otak benar-benar diasah ketika bermain game ini. Cocok sekali untuk kamu yang menyukai tantangan!






Dua game di atas bisa kamu mainkan di Plays.org secara gratis dan bisa diakses oleh siapa saja. Di Plays.org menyediakan banyak game online yang diperbarui setiap waktu, sehingga tidak akan membuat kamu bosan dan bingung mengisi waktu luang.


Nah, semoga artikel ini membantu kamu, ya!




No comments:

Post a Comment