Saturday, June 20, 2020

Cara Memilih Beras yang Berkualitas




Penghasilan terbesar Indonesia adalah beras. Tentunya, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia yang kebutuhan pokok utama. Kalau kata orang-orang, “Nggak makan namanya kalau nggak pakai nasi.” Di Indonesia sangat mudah menemukan nasi dan mentahannya, yakni beras. Di toko-toko kelontong, bahkan di Internet pun jualan beras. Tapi, kita tak banyak tahu bagaimana memilih beras yang berkualitas, sebab di luar sana banyak penjual beras yang bermain curang dengan mencampur beras bagus dengan beras berkualitas rendah.


Untuk itu, di bawah ini saya akan membagikan bagaimana cara memilih beras yang berkualitas, sesuai dengan kebutuhan ketika membelinya di toko kelontong. Untuk membeli di supermarket dan internet, kurang bisa memakai cara ini ya, sebab mereka sudah dalam bentuk kemasan. 


Cara Memilih Beras yang Berkualitas Tinggi




1 | Perhatikan Warna Beras



Hal pertama yang harus dilakukan dan paling mudah dilakukan adalah melihat warna beras. Beras dengan warna kekuningan dan bersih. Tak semua beras berwarna putih dan mengkilap merupakan beras berkualitas, sebab ada beberapa oknum yang membuat beras menjadi begitu putih dengan pemutih. Tentu itu tidak baik untuk kesehatan apabila dikonsumsi terus menerus. Tak selalu nasi berwarna putih cantik itu dari beras berwarna putih juga, kok.


2 | Perhatikan Tekstur/Bentuk Beras



Selain melihat warna beras, melihat tekstur beras juga penting. Apabila beras utuh dengan warna yang baik, tentunya beras tersebut juga berkualitas tinggi. Apabila beras remuk dan dipegang mudah remuk, sudah dipastikan kualitas beras tersebut kurang bagus. Maka dari itu, sangat penting melihat tekstur atau bentuk beras ketika membeli beras. 


3 | Pastikan Beras Tidak Menempel Ketika Diremas



Tips lain ketika memilih beras yang bagus yakni dengan menyentuh beras,apabila beras disentuh dan diremas tetap utuh serta tidak menempel pada tangan, maka beras tersebut tergolong bagus atau baik.

Beras yang baik ketika diremas tidak menempel, serta tidak mudah hancur. 


4 | Jangan Sampai Berasnya Ada Kutu



Poin ini tidak kalah pentingnya, yakni melihat apakah beras berkutu atau tidak. Tentu akan sulit dimasak dan kotor apabila beras berkutu. Untuk itu, pastikan beras tidak memiliki kutu sehingga beras tergolong bagus dan layak konsumsi. Dengan adanya kutu di beras, itu berarti menandakan beras sudah berumur dan berkualitas rendah. 


5 | Beli di Toko Terpercaya



Membeli beras di toko terpercaya juga merupakan salah satu cara membeli beras dengan kualitas baik. Toko yang sudah memiliki nama besar dan banyak pelanggan, sangat jarang melakukan kecurangan, sebab itu akan membunuh bisnisnya sendiri. 


Membeli beras di toko daring juga bisa menjadi pilihan lain, meskipun sulit melihat apakah beras yang dikirim akan sebagus di fotonya atau tidak. Selain itu, mereka sudah mengemas beras dengan baik. Tapi, insyaAllah kalau membeli beras melalui Blibli aman, kok. Apalagi, harga beras 2,5kg di sana termasuk terjangkau dan berkualitas. Dan lagi, perhatikan apakah sudah banyak pembeli pada lapak tersebut serta bagaimana komentar dari pelanggan. 


Membeli beras berkualitas, ketika dimasak, lalu dikonsumsi pun akanmemberikan kenikmatan tersendiri ketika memakannya. Untuk itu, kita harus teliti dalam membeli beras, terutama di toko kelontong. 


Cara memasak beras pun bisa menjadi faktor apakah beras akan lebih nikmat ketika dikonsumsi atau tidak. Saya paling suka mengkonsumsi beras yang ditanak dengan pawon atau alat masak tradisional. Sebab, rasanya lebih khas dan punel.


Itulah cara bagaimana memilih beras dengan kualitas baik. Semoga membantu.

No comments:

Post a Comment