Monday, February 3, 2020

Rumah Makan Sendang Raos; Makanan Enak di Trawas Mojokerto


Rumah Makan Sendang Raos Trawas Mojokerto, merupakan rumah makan langganan keluarga saya. Kami sudah menjadikan rumah makan tersebut langganan sejak tahun 2009. Sudah sekitar sepuluh tahun lamanya, dari mulai saya masih kuliah sampai sekarang sudah bekerja. Keluarga kami tak pernah bosan ke sana, meskipun menu makanannya tidak banyak. Kamipun kalau memesan ya, itu-itu saja. Namun, kami selalu senang ke sana, sebagai tempat penyegaran bersama keluarga.

Sebelumnya, saya sudah menuliskan mengenai rumah makan Sendang Raos Trawas ini di sini. Nah, saya akan memperbarui tulisan saya, karena bangunannya ada beberapa perubahan. Tapi, untuk suasana tetap menyenangkan ya. 


Rumah Makan Sendang Raos, Tempat Makan Enak dan Menyenangkan di Trawas

Selain karena masakannya, di Sendang Raos juga memberikan pelayanan berupa pemandangan yang menyenangkan. Kawasan Trawas merupakan kawasan pegunungan, sehingga hawa sejuk dan dingin sudah tak usah diragukan lagi. Nilai plus dari Sendang Raos, rumah makan ini langsung menghadap ke arah gunung serta tanaman hijau yang memanjakan mata.






Selain gunung dan tanaman hijau, Sendang Raos memiliki wilayah yang luas. Berada di sini sangat leluasa, terlebih lagi disediakan pendopo-pendopo di beberapa titik untuk makan kalau tidak mau makan di ruang utama. Sayangnya, ada beberapa pendopo yang rusak atau terbengkalai belum dibetulkan lagi. 





Ibu dan bapak, seringnya ke sini usai makan langsung rebahan dan tidur. Itu kalau kami datang di hari biasa, bukan weekend atau tanggal merah. Yah, kalau hari libur sudah dipastikan sangat ramai. Kalau hari biasa tidak terlalu ramai, sehingga makan di sini cukup santai.

Tempat Makan Bersama; Pertemuan



Selain pendopo dan ruang utama, di Sendang Raos kini dibangun ruangan khusus untuk pertemuan atau kegiatan makan bersama. Tentunya, ruangan ini disewakan atau kita harus mengeluarkan uang lebih untuk kegiatan lebih privasi.


Jadi, sangat cocok untuk kamu yang pekerja kantoran ingin makan bersama orang-orang kantor dan membutuhkan ruangan khusus sembari rapat, hehe.

Makanan Sederhana dan Rumahan


Kami ke sini hanya memesan dua tiga menu, yakni: gurami bakar, ayam bakar dan cah kangkung. Nah, ketiga menu tersebut andalan kami. Dan untuk gurami, merupakan menu andalan di Rumah Makan Sendang Raos ini. Di depan  bangunan utama, terdapat kolam-kolam yang berisi gurami segar dan besar. 

Rasa dari gurami bakarnya enak begitu pula dengan ayam bakarnya. Untuk ukuran ayam bakarnya memang tidak besar, tetapi cukup untuk dua orang. Sambalnya merupakan sambal tomat yang ditaruh di cobek kecil dan rasanya tidak terlalu pedas. Dulu, ketika awal-awal ke sini ada sambal kecap dengan bawang putih goreng. Sayangnya, sekarang sudah tidak ada.


Untuk cah kangkungnya, sangat rokomendasi untuk dibeli. Rasanya enak dan masih gurih, padahal sudah layu atau matang. Saya dan ibu sampai penasaran kenapa cah kangkungnya enak dan gurih seperti itu.

Untuk minuman, di Sendang Raos menyediakan es beras kencur dan es sinom, kalau ingin mencoba variasi lain selain teh atau jeruk. 

Nilai plus lagi di rumah makan ini yakni pelayanannya cepat, mau seramai apa pun. Pelayanannya pun ramah, begitu pula Wak Cuk, pemilik rumah makan ini. Kalau beruntung, kamu bakalan bertemu beliau di kasir. 

Di depan rumah makan ini, terdapat warung-warung kecil untuk ngopi. Kalau kamu ingin mencoba suasana lain, bisa banget ke sini. 

Selamat makan!

No comments:

Post a Comment