Bitter Sweet: Memilih Sepatu yang Nyaman Untuk Bepergian

Wednesday, April 27, 2016

Memilih Sepatu yang Nyaman Untuk Bepergian


Memilih Sepatu yang Nyaman Untuk Bepergian Kalau membicarakan mengenai perjalanan atau traveling, tentunya banyak hal yang harus dipersiapkan. Apa saja yang akan kita bawa, sepatu apa yang harus kita kenakan, tas mana yang kita pakai, dan macam-macam. Ada beberapa orang yang menyiapkan segala keperluan tersebut jauh-jauh hari, ada pula yang menyiapkannya satu hari sebelum keberangkatan. Dan, saya adalah golongan terakhir.

Untuk memilih apa saja yang kita bawa dan pakai, yang tak kalah penting adalah kenyamanan. Terutama untuk masalah sepatu. Sepatu atau alas kaki apa yang harus dikenakan haruslah nyaman dan tidak membuat kaki lecet. Pengalaman ketika pergi ke Gunung Bromo, saya kelimpungan mencari sepatu. Karena, saat itu saya berada di Pare dan hanya membawa flat shoes dan sendal biasa. Akhirnya, setelah ke sana kemari, saya meminjam sepatu dari teman satu camp.


Memilih sepatu untuk berpergian pun harus melihat kondisi ke mana tujuan kita. Seperti, ketika saya ke Gunung Bromo, tentunya sepatu kets atau sepatu docmart adalah pilihan yang pas. Selain bisa melindung kaki secara penuh, tapi juga bisa memberikan style tersendiri bagi pemakainya. Kebetulan, waktu itu sepatu teman saya adalah setipe sepatu boots, tapi yang low. Ini namanya sepatu docmart, kan, ya?

Sepatu tersebut selain nyaman dipakai, tapi juga terlihat bagus di kaki. Sebenarnya sih, sepatu yang oke itu sepatu yang asli, no KW. Karena sepatu adidas original pasti akan memberikan kenyamanan, karena kualitasnya pun terjamin. Nah, berikut adalah beberapa pilihan sepatu yang bisa dipakai untuk berpergian.

1 | Sepatu Gunung

Tentu, untuk jenis satu ini, digunakan saat pendakian. Entah itu pendakian dengan kondisi jalan yang terjal maupun jalan dengan kondisi rata. Sepatu gunung atau sandal gunung, mampu memberikan kenyamanan dalam mendaki. Dalam mengeksplore gunung. Jalanan yang menanjak, tentu harus memilih sepatu yang bisa meng­-cover  seluruh kaki. Sayangnya, sepatu gunung terkadang cenderung lebih berat, sehingga saya kurang menyukainya. Ya, karena memang saya jarang trip ke dataran tinggi. Kalaupun ke dataran tinggi, medan yang saya tempuh pun tidak terjal, sehingga bisa pakai sepatu casual.

2 | Sepatu Casual

Tentunya ini merupakan favorit saya. Sepatu casual merupakan sepatu yang paling nyaman dipakai ketika melakukan perjalanan. Tentunya, perjalanan di area perkotaan atau di dataran rendah. Tapi, ada pula beberapa sepatu casual yang bisa dipakai untuk ke dataran tinggi – tapi memang lebih rekomendasi sepatu gunung, sih. Untuk berpergian, saya tak hanya mengenakan sneaker atau sepatu kets. Tapi juga, sering menggunakan sepatu slip on. Sepatu slip on semacam flat shoes tapi ini lebih meng-cover seluruh bagian kaki. Sehingga, sangat nyaman dipakai. Lagi pula, sepatu casual bisa masuk ke dalam segala macam acara.

3 | Sepatu Olahraga

Bila ingin memakai sepatu dengan bantalan yang tebal, sepatu olahraga cukup cocok untuk dikenakan saat perjalanan. Karena kenyamanan adalah segalanya, kita juga bisa memilih mana sepatu yang pas untuk dikenakan. Tidak harus berpatok ini itu. Terlebih lagi ketika perjalanan dan lebih banyak berjalan kaki, sepatu olahraga dengan bantalan dalam yang tebal akan memberikan kenyamanan ketika berjalan. 

Saya pribadi lebih menyukai sepatu sejenis sneaker atau slip on. Nggak tahu kenapa, merasa lebih nyaman dengan jenis sepatu tersebut. Memang sih, ketika jalan jauh slip on tak cukup untuk membuat kaki merasa nyaman. Tapi, untuk jalan-jalan di perkotaan cukup lumayan untuk dikenakan. Selain itu juga, memberikan style tersendiri.

Untuk mendapatkan sepatu yang nyaman tak perlu susah-susah, tinggal beli via online di toko online yang tersebar di Indonesia, misalnya di MatahariMall. Ya, jaman sekarang untuk mendapatkan barang tak perlu lagi berpanas-panasan. Tapi, dalam membeli pun harus hati-hati jangan sampai ingin membeli sepatu adidas original malah dapat yang KW. 

Sudah siap jalan-jalan?

xoxo,
Wulan K.


5 comments:

  1. sekarang memang mudah beli apa aja lewat online termasuk sepatu juga.. kemarin saya baru beli sepatu di salah satu situs belanja online dan alhamdulillah gak ada penipuan.

    ReplyDelete
  2. Tos dong mbaa. Akupun suka sepatu casual. Mau ke kampus, hang out ato jalan2 ma anak n suami. Asal ga ke kondangan aja. Hahaah

    ReplyDelete
  3. salah pakai sepatu memang fatal akibatnya...dan aku 2x ngalamin pas traveling.. pertama waktu lg ke jalan ke negara yg sedang winter, dan aku hanya memakai sepatu boots dengan sol yg ga terlalu tebal. mikirnya winternya ga dingin2 amat... trnyata minus 7. jadilah kakiku sakit kedinginan..

    kedua, pas ke bangkok, nekad pake sepatu wedges dgn hak 5 cm.. sebenernya segitu sih ga tinggi2 amat, tapi yg namanya jalan jauh pake wedges, ttp aja kaki jd lecet.. trpaksa dgn berat hati beli sendal lain yg nyaman pas di sana :D

    ReplyDelete
  4. wuaaa... kalau aku sukanya pakai high heels... biasa kaum cebolisme yang pengen tinggi semampai.. hehe

    ReplyDelete
  5. kalau aku agak tomboy mbak..jadi ga terlalu pake suka heel suka sepatu flat kayak yang dipakai embak

    ReplyDelete