Bagaimana Cara Saya Mengunggah Artikel Blog



Setiap penulis blog memiliki caranya masing-masing untuk menulis artikel di blog mereka. Saya pun memiliki ciri khas tersendiri untuk menulis di beberapa blog saya. Saya lihat, teman saya mengetik artikel langsung pada halaman editor blog. Hal itu sah-sah saja, hanya saja ada alasan kenapa saya tidak melakukan hal itu.

Jadi, seperti ini cara saya mengunggah artikel di blog.

1 | Menulis di Google Document


Alih-alih menulis langsung di editor blogger, saya lebih menyukai menulis atau mengetik artikel terlebih dahulu di google document. Namun, sebagian orang atau blogger menggunakan editor blogger untuk menulis.

Alasan saya menggunakan google document adalah karena di google document, saya bisa mengeditnya sewaktu-waktu, menggunakan gadget manapun. Selain itu, menggunakan google document pun membantu saya mengecek tipo meskipun tidak selalu akurat.

Menggunakan google document pun saya manfaatkan untuk mengecek jumlah kata dalam artikel yang saya tulis, sehingga sampai saat ini saya sangat nyaman menggunakan lembar kerja yang ada di Google Drive ini.

2 | Menulis Minimal 400 Kata/Artikel


Biasanya saya menulis artikel minimal 400 kata per artikelnya. Akan tetapi, umumnya permintaan klien mengenai jumlah kata adalah minimal 500 kata. Ada pendapat lain bahwa 800 kata untuk artikel adalah pilihan terbaik karena akan dideteksi oleh google sebagai artikel berkualitas.

Namun, saya tetap memilih minimal 400 kata agar pembaca tidak kesusahan dalam membaca keseluruhan artikel yang ada. 

3 | Mencari Foto Pendukung


Selain tulisan foto pendukung dalam artikel juga bisa disertakan. Saya menggunakan foto pribadi untuk artikel yang saya tulis, pun sering juga menggunakan foto yang saya ambil atau unduh di pexels.com. 

Apabila kamu menggunakan foto pribadi, tidak perlu risau foto tersebut harus bagus seperti foto dari fotografer profesional. Kamu cukup belajar mengenai pencahayaan, sehingga foto cerah dan jelas. 

4 | Merapikan Artikel di Editor Blog


Setelah selesai menulis di google document, saya mulai mengedit tulisan tersebut di editor blog. Dengan kata lain, saya melakukan copy paste dari google document ke editor blog. Tentu, di editor blog akan berantakan. Untuk itu, saya merapikannya kembali di editor blog.

Saya akan memblok seluruh artikel, kemudian menghapus format. Setelah itu, saya meratakan kanan dan kiri artikel. Lalu, satu per satu saya mengatur dan menentukan ukuran font, jenis font, huruf miring dan lainnya. Sehingga, format artikel tersebut sesuai dengan keinginan saya dan terlihat lebih rapi.

Nah, begitu cara saya mengunggah artikel ke blog. Setiap blogger pasti memiliki cara berbeda-beda, kamu bisa menemukan caramu sendiri. Kamu juga bisa mengikuti cara yang saya pakai.

Semoga bermanfaat!

1 comment:

  1. mantap kak terimakasih infonya salam dari catatanputhut

    ReplyDelete