Hal yang Mempengaruhi Harga Sebuah Buku




Hal yang Mempengaruhi Harga Sebuah Buku - Setelah menerbitkan sebuah buku, saya baru memahami apa yang mempengaruhi harga sebuah buku. Dulu, saya hanya berpikir bahwa yang mempengaruhi harga sebuah buku hanyalah karena harga sebuah kertas. 

Pada kenyataannya, hal yang mempengaruhi harga sebuah buku bukan sekadar mengenai harga kertas melainkan, lebih dari itu. Bahkan, salah satunya adalah dari si penulis sendiri. Lha, kok, bisa? Nah, silakan dibaca di bawah ini.

Hal-Hal yang Mempengaruhi Harga Sebuah Buku


Untuk menerbitkan satu buku atau novel, banyak pihak yang terlibat di dalamnya. Bukan hanya antara penulis dan penerbit saja. Bahkan, dalam penerbit pun terdiri dari beberapa pihak yang terlibat. Bukan sekadar editor saja. Untuk itu, harga sebuah buku dipengaruhi oleh beberapa faktor.

1 | Kertas


Faktor dari kertas sudah menjadi hal umum atau sudah diketahui oleh banyak orang. Memang, kertas adalah faktor utama kenapa harga buku bisa mahal, sebab kertas merupakan bahan baku utama pembuatan buku fisik. Namun, selain kertas banyak faktor yang mempengaruhi harga sebuah buku.

2 | Percetakan


Harga cetak dari sebuah buku pun mempengaruhi. Mencetak sebuah buku berkaitan erat dengan kertas, oleh karena itu faktor ini masih berhubungan dengan poin pertama. Namun, dalam sebuah percetakan akan ada banyak pihak yang bekerja sama agar buku tersebut layak untuk dibaca dan tidak menjadi sia-sia di pasaran. Terutama, mengenai jilid yang kokoh ketika dibaca.

3 | Kepopuleran Cerita


Kepopuleran cerita pun mempengaruhi harga sebuah buku cetak. Semakin populer cerita tersebut, penerbit akan berani melabeli harga cukup tinggi. Sudah pasti, baik penerbit maupun penulis ingin mendapatkan keuntungan tinggi. Kepopuleran cerita akan memberikan dampak baik bagi penerbit dan penulis. 

Tentu, penerbit berharap banyak pembaca yang membeli buku tersebut karena kepopulerannya. Di lapangan pun membuktikan meskipun novel memiliki harga tinggi akan tetap dibeli oleh pembaca dan tidak hanya satu dua pembaca. 

4 | Penulis


Nama penulis pun menjadi pertimbangan harga sebuah buku. Semakin terkenal seorang penulis, harga buku yang dibandrol pun semakin tinggi. Tentu, tidak semua penerbit menerapkan hal ini pada semua penulis populer. Sebagai contoh, novel Tere Liye masih tergolong murah untuk seorang penulis terkenal di Indonesia.

5 | Distributor


Distributor bertugas untuk menyebarkan atau mendistribusikan buku-buku ke seluruh toko buku di Indonesia. Ketika mendistribusikan buku-buku tersebut, tentu beberapa persen harga buku akan masuk ke kantong distributor. Hal ini mempengaruhi harga sebuah buku. Makanya, ketika penulis menjual sendiri bukunya, dia akan mendapatkan harga lebih murah karena tidak perlu membayar ke distributor.

Sebenarnya, secara umum harga buku pun dipengaruhi oleh kelangkaan buku tersebut. Hal ini berlaku untuk buku yang sudah beredar dan masih banyak pembaca yang menginginkannya, sedangkan penerbit tidak menerbitkan kembali. Biasanya, kasus ini harga buku menjadi tidak masuk akal.

Untuk poin-pon di atas merupakan hal yang mempengaruhi harga buku ketika buku tersebut baru terbit.

No comments:

Post a Comment