Wednesday, January 24, 2018

Pempek Farina, Kuliner Khas Palembang yang Banyak Diminati di Surabaya


Pempek Farina, Kuliner Khas Palembang yang Banyak Diminati di SurabayaPempek merupakan makanan khas Palembang. Teman-teman pasti sudah sering dengar, makan atau bahkan menjadi makanan favorit keluarga. Saya sendiri pun, menyukai makanan ini. Selain tidak berat, tapi mengenyangkan. Cuko pempek yang manis dan pedas,merupakan favorit saya banget. Pertama kali saya makan pempek adalah ketika saya jalan-jalan ke salah satu mal di Surabaya. Waktu itu, saya masih kuliah dan sebelum itu belum pernah mencicipi namanya pempek. Ternyata, pempek itu enak – xoxo.

Pempek Farina adalah pempek pertama yang pernah saya coba. Setelah itu, saya ketagihan. Rasanya yang gurih, ikan tenggirinya yang kerasa banget, dan cuko-nya yang enak sekali membuat saya selalu rindu untuk mengecapnya. Sampai sekarang, kalau makan pempek ya, Pempek Farina. Tidak ada yang lain, yang pas di lidah.

Mungkin karena sudah jatuh hati dengan Pempek Farina, saya jadi enggan mencoba pempek yang lain. Di kota saya, Mojokerto belum ada Pempek Farina, jadi dulu pas sebelum indekos saya kesusahan ketika ingin makan Pempek Farina.


Siang tadi, Rabu, 24 Januari 2018, Pempek Farina mengadakan gathering dengan Blogger Surabaya di resto Pempek Farina yang berada di Jl. Rungkut Asri Barat XII No.13, Surabaya. Di sana, kami bertemu dengan Pak David Christian selaku Bussiness and Development Manager dari Pempek Farina menceritakan sedikit kisah mengenai Pempek Farina.

Awalnya, Pempek Farina berupa pedagang kaki lima di Jl. Tidar Surabaya pada tahun 1994. Siapa sangka, pempek yang awalnya hanya berupa gerobak, kini menjadi pempek yang banyak diminati di Indonesia, khususnya di Surabaya.

Karena memang citra rasa dari Pempek Farina yang khas, dengan ikan tenggiri asli, cuko yang manis dan sedap, membuat Pempek Farina banyak digemari. Pada tahun 2007, Pempek Farina mulai membuka gerai dan cabang di mal-mal di Surabaya.



Pempek Farina terus berkembang dengan menghadirkan varian-varian baru. Selain berbagai macam pempek seperti pempek lenjer, pempek kapal selam, pempek adaan ada pula tekwan. Tekwan pun merupakan sup khas Palembang yang dibuat dari perpaduan kaldu ikan dan udang, dengan isian adonan ikan disajikan dengan pelengkap berupa suun, seledri, bawang goreng, dan jamur. Jangan lupa ditambahkan jeruk nipis dan sambal, agar lebih nikmat. Sajian hangat ini, memang lezat disantap hangat-hangat ketika hujan.

Selain dalam keadaan matang, Pempek Farina pun menyediakan pempek dalam kemasan beku. Hal ini dilakukan agar konsumen lebih mudah untuk menikmati Pempek Farina, yang memang sudah banyak penggemarnya ini.

Sudah kurang lebih 23 tahun berdiri, Pempek Farina menyambet berbagai macam penghargaan dalam dunia kuliner. Wajar saja, karena pemilihan bahan baku dari Pempek Farina yang tepat dan berkualitas.


Saya sendiri karena memang sudah sering sekali membeli pempek di Pempek Farina, berharap akan ada cabang di Mojokerto. Ya, biar saya dan adek saya yang suka makan pempek ini, tidak perlu repot-repot ke Surabaya.


2 comments:

  1. pempeknya enaaakkk banget nget!
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  2. ehmm ... kapan2 incip juga ahh ...

    ReplyDelete