Bitter Sweet: Ingin Membeli Rumah Bekas? Simak 3 Tips Ini

Thursday, September 15, 2016

Ingin Membeli Rumah Bekas? Simak 3 Tips Ini



Ingin Membeli Rumah Bekas? Simak 3 Tips Ini - Harga jual rumah bekas memang masih tergolong mahal. Namun bila dibandingkan dengan membeli rumah baru, tentu harga beli rumah bekas ini akan jauh lebih murah. Meski begitu, Anda harus lebih jeli mengamati kondisi rumah tersebut agar tidak kecewa dikemudian hari.

Jika Anda ingin segera membeli rumah namun tidak ingin menjadikan bank sebagai perantara, Anda bisa mencoba untuk membeli rumah bekas. Meski ini bukan rumah baru, Anda harus tetap waspada dan memperhatikan berbagai aspek saat memilih rumah bekas. Jangan mudah tergiur dengan berbagai penawaran dan harga jual rumah yang murah. Lalu, bagaimana tips membeli rumah bekas? Berikut ulasannya:


1. Cari referensi sebanyak mungkin

Sebelum memutuskan memilih rumah yang akan dibeli, sebaiknya carilah informasi sebanyak mungkin mengenai rumah bekas dari berbagai sumber seperti internet dan surat kabar. Hal ini bertujuan untuk melakukan perbandingan harga jual rumah setiap unitnya.

Dengan memiliki banyak referensi, Anda dapat bebas memilih dan membandingkan fasilitas-fasilitas apa saja yang ditawarkan pada komplek perumahan tersebut. Setelah mendapatkan beberapa referensi, jangan lupa untuk survey ke lokasi dan tanyakan hal-hal mengenai kondisi bangunan secara lengkap, riwayat rumah, hingga kelengkapan dokumen-dokumen.

2. Pilih lokasi yang dekat dengan pusat kegiatan

Memiliki hunian yang dekat dengan berbagai pusat kegiatan seperti kantor, pusat perbelanjaan, atau fasilitas umum lainnya merupakan hal yang wajib karena dapat mempermudah Anda melakukan aktivitas sehari-hari. Dengan memilih lokasi rumah yang dekat dengan tempat kerja misalnya, Anda tentu tidak perlu rebot-repot berkendara dalam jarak yang jauh sehingga harus menghadapi kemacetan.

Pilihlah lokasi yang mudah diakses atau dekat dengan jalan raya. Pertimbangkan juga lokasi yang pas dengan kebutuhan anak dan istri seperti tempat belanja, akses sekolah, dan fasilitas-fasilitas umum lainnya. Cek juga apakah lingkungan sekitar rumah tersebut kondusif dan aman dari berbagai tindak kejahatan seperti kasus pencurian dan lain sebagainya.

3. Pertimbangkan kemampuan finansial

Jangan terburu-buru membeli rumah bekas hanya karena Anda suka dengan desain rumah atau perabot-perabot yang ada di dalamnya. Pertimbangkan juga tentang kemampuan finansial keluarga. Pikirkan juga tentang kebutuhan sehari-hari, kebutuhan mendadak, serta kebutuhan jangka panjang nantinya. Jangan habiskan seluruh tabungan Anda hanya untuk membeli rumah. Tetap sisakan sebagian untuk memenuhi kebutuhan lainnya.


Jika tips-tips di atas sudah dilakukan, Anda tinggal menentukan rumah bekas mana yang akan dipilih. Namun sebelum memutuskan untuk membeli rumah, jangan lupa untuk meminta saran kepada keluarga atau teman agar tidak salah pilih nantinya. Semoga bermanfaat! 

1 comment:

  1. sangat penting untuk diingat dalam sebuah bangunan perlu diperhatikan apabila terjadi kebocoran, terutama pada dak beton dapat diaplikasikan waterproofing membrane http://www.ahlibeton.co.id/2015/09/epoxy-lantai.html

    ReplyDelete