7 Hal yang Ingin Saya Pelajari di Tahun 2024

taken from pexels.com


Senang sekali mendapatkan tema mengenai hal yang ingin saya pelajari di tahun 2024. Bagi saya, mempelajari hal-hal baru itu menyenangkan, apalagi hal tersebut menantang saya. Misalnya, sudah saya coba berkali-kali dan selalu gagal. Hehe.

Apakah kamu merasa saya aneh? Anehnya, memang seperti itulah saya. Mungkin, hal ini dipengaruhi oleh saya terbiasa gagal dan untuk mendapatkan sesuatu itu tidak semudah orang lain.

Saya tidak tahu mengapa.

Oke. Sekarang akan saya sebutkan 7 hal yang ingin saya pelajari di tahun 2024.

Belajar 7 Hal Ini di Tahun 2024


1 | Membuat Sourdough


Dari semua video baking yang muncul dalam FYP TikTok, membuat sourdough adalah hal yang paling saya inginkan. Saya penasaran bagaimana membuat starter atau ragi alami yang dihasilkan dari tepung. Lalu, setelah saya baca-baca, sourdough pun lebih sehat, ya? Dibandingkan dengan roti lainnya.

Terus terang, saya belum pernah mencoba membuat roti sendiri. Bahkan saya belum mencoba membuat brownies. Sebenarnya, saya juga ingin bisa membuat fudgy brownies. Hanya saja, fudgy brownies terlalu banyak kandungan gula. Saya takut berat badan semakin membengkak, hihi.

Semoga tahun ini saya memiliki tekad kuat untuk membuat sourdough.

2 | Membuat Dimsum


Untuk ini saya sudah mencobanya sejak tahun 2023 lalu. Apabila ada kesempatan, saya mencoba membuat dimsum siomay sendiri. Bagaimana rasanya? Tidak menentu! Terkadang, dimsum saya rasanya sangat asin, terkadang hambar. Di lain waktu, teksturnya bagus, di waktu yang lain teksturnya terlalu “kosong”. Hingga saat ini saya belum bisa membuat dimsum sesuai dengan selera saya atau belum ada yang benar-benar enak.

3 | Membuat Yogurt Sendiri


Saya lupa sejak tahun berapa ingin membuat ini. Sepertinya, sebelum Covid-19 datang ke Indonesia. Namun, sampai sekarang belum saya lakukan juga. Maka, semoga di tahun 2024 ini saya bisa mewujudkan keinginan tersebut. Sebenarnya, kalau dilihat step by step membuat yogurt ini mudah. Tapi, takut gagal juga. Karena kalau gagal, bahan-bahan yang dipakai sayang juga, kan? Hihi.

Menurut saya, nantinya membuat yogurt ini pun memiliki peer yang banyak sekali. Mudah-mudahan saya tidak gagal.

4 | Belajar Membuat Website dengan Wordpress


Bukan sekadar membuat blog, tetapi membuat website dan landing pages. Kalau sekadar blog, saya pakai blogspot saja sudah cukup. Menekuni wordpress untuk membuat website adalah cita-cita untuk penghasilan tambahan. Memang, saya sudah mulai sejak tahun lalu, hanya saja banyak sekali waktu yang harus saya pakai untuk mencari penghasilan, sehingga belum benar-benar belajar dengan baik.

5 | Belajar HTML, CSS, JavaScript Lebih Dalam


Saya sudah mengenal HTML, CSS, dan JavaScript. Akan tetapi, ilmu dan pengetahuan saya hanya di situ-situ saja. Makanya, saya ingin memperdalam pengetahuan mengenai hal ini. 

6 | Menulis Buku Non-Fiksi


Mengenai hal ini, selama ini sekadar angan-angan saja. Akan tetapi, siapa sangka ketika saya ke Jogja, lebih tepatnya ke kantor penerbit. Penerbit memberikan saya peer sebuah buku non-fiksi. Buku non-fiksi ini mengenai pekerjaan saya sebagai freelance writer. Sebuah tantangan baru bagi saya untuk menulis non-fiksi. Maka, saya menyanggupinya.

Saya berharap, sebelum pertengahan tahun buku ini sudah rampung saya tulis.

7 | Belajar Bahasa Inggris


Kalau ini tidak perlu dijelaskan lagi, ya. Saya sudah sering menyebutkan alasan kenapa ingin belajar bahasa Inggris. Saya pun masih belajar sampai sekarang. Hanya saja, ternyata otak saya sudah melambat untuk belajar. Tapi, itu tidak masalah. 

Itu dia tujuh hal yang ingin saya pelajari di tahun 2024. Semoga bisa terwujud satu per satu.

No comments:

Post a Comment