Tuesday, August 14, 2018

Pentados Surabaya : Kamu Bisa Meracik Bahan Nasi Gorengmu Sendiri!



Pentados Surabaya : Kamu Bisa Meracik Bahan Nasi Gorengmu Sendiri! Pentados merupakan sebuah restoran yang menyediakan beberapa makanan seafood dan western. Kalau tidak salah, restoran ini baru di buka, yang awalnya merupakan toko roti dengan nama Penta dan untuk restorannya namanya, Pentados. Resto Pentados berada di Jl. Embong Gayam no. 9, Surabaya. Tepat di pusat kota Surabaya.

                Tentunya, teman-teman akan bertanya-tanya, kenapa harus Pentados? Pertama, pelayanan di sini amat ramah, ya seharusnya memang demikian. Mereka baru buka dan kemarin ada promo nasi goreng dengan cara penyajian “prasmanan”. Bukan kita mengambil nasi goreng yang sudah matang sendiri, seperti di kondangan-kondangan. Melainkan, kita bisa mengambil bahan-bahan “mentah” nasi goreng sendiri. Sehingga, kita bisa menentukan seberapa banyak nasi yang kita ambil, tanpa harus menyisakannya.

                Cara ini terbilang unik sih, karena di restoran pasti akan menemukan nasi-nasi sisa karena porsinya terlalu banyak dan sebagainya. Nah, dengan mengambil porsi nasi kita sendiri, kemungkinan untuk nasi tidak habis sangat sedikit. Tak hanya nasi saja yang bisa kita ambil sesuai keinginan, pun bakso, sosis, sayur, dan mie. Untuk lauknya atau topping bisa memilih juga. Jadi, semacam membuat nasi goreng sendiri, tetapi tidak. *mbulet*

                Nanti, ketika kita datang ke Pentados akan diberikan kertas yang berisikan topping atau lauk untuk nasi goreng. Ada dua jenis nasi goreng yang disediakan oleh Pentados, yaitu Nasi Goreng Tornado dan Nasi Goreng Hongkong. Selengkapnya, silakan membaca penjelasan di bawah ini.



Nasi Goreng Tornado

Tahu nasi goreng mawut yang dijual di pinggir-pinggir jalan? Nah, Nasi Goreng Tornado di Pentados mirip seperti itu. Nasi goreng ini lebih ke pedas dan lebih ke nasi goreng Jawa. Ketika mengambil bahan-bahan nasi goreng Tornado, disarankan memakai banyak sayuran dan mie, karena memang biar menjadi nasi goreng mawut.

Nasi goreng Tornado ini lebih basah atau berminyak daripada nasi goreng Hongkong. Rasanya pun lebih pedas (kalau tidak salah bisa meminta pedas atau tidak). Untuk topping nasi goreng Tornado ada: udang bumbu rujak, tongkol rica, cumi dan bebek goreng.

Nasi Goreng Hongkong

Nasi goreng Hongkong, lebih ke nasi goreng “kota” dan rasanya lebih gurih serta kering (tidak terlalu berminyak). Saya sendiri pesan yang nasi goreng Tornado. Karena ini bukan nasi goreng mawut, maka saya tidak mengambil sayuran dan tambahan mie. Aslinya sih boleh-boleh saja, hanya saja nanti malah terlihat bertantakan, hehe. Jadi, saya hanya mengambil nasi serta sosis dan bakso saja. Untuk topping-nya saya pesan dori goreng tepung dan ini ada sausnya gitu – ini enak banget!




Nasi Goreng Hongkong memiliki topping; cumi, dori goreng tepung, chicken katsu, ayam asam manis, dan fu yung hai.


Kedua nasi goreng di atas, disajikan dengan daun selada, mentimun, telur, acar dan kerupuk. Dan piring nasi gorengnya lebar sekali, sehingga di atas piring benar-benar penuh. Saya sampai kesulitan untuk memfotonya, xoxo.


Pentados juga memiliki interior yang unik, di dalam teman-teman bisa melihat pemandangan yang semi vintage dan ada ruangan luar dengan rumput membentang luas. Di sini bisa dipakai untuk berfoto-foto dan mempercantik konten instagram. Hehe.




Lokasi Pentados berada di tengah kota, biasanya jalan ini dipakai untuk putar balik dari Patung Karapan Sapi ambil arah kanan, lurus saja di Jl. Basuki Rahmat kemudian ada belokan ke kanan. Nah, di situ jalan ke Pentados ada sebelah kanan jalan.

Ah iya, pada tanggal 17-19 Agustus nanti akan ada promo nasi goreng ini dengan harga sekitar 17ribuan saja per porsinya.

No comments:

Post a Comment