Tuesday, August 29, 2017

Tiket Kereta Online dan Tips penting yang Harus Diperhatikan dalam Pembeliannya



Tiket Kereta Online dan Tips penting yang Harus Diperhatikan dalam PembeliannyaDijaman yang serba modern seperti sekarang ini tidaklah sulit untuk memesan atau membeli tiket angkutan umum. Banyak sekali jenis alat transportasi umum yang ada di Indonesia ini dari mulai darat laut dan udara. Salah satu alat transportasi yang banyak digunakan oleh masyarakat adalah kereta api, selain lebih cepat juga tidak kenal macet. Apalagi kelebihan lain yaitu sekarang bisa mendapatkan tiket kereta online dengan mudah. Ya, karena pembeliannya melalui internet jadi semua memang lebih mudah, cepat dan juga gampang. Maka dari itu seseorang tidak lagi diharuskan untuk pergi ke loket di stasiun dan mengantri saat pembelian tiket kereta.

Tidak mengherankan rasanya jika dengan mudahnya orang membeli tiket dalam beberapa alternatif yang bisa diambil. Dari pihak KAI sendiri selalu memberikan kemajuan pada pembangunan infrastruktur maupun pemberian pelayanan terhadap masyarakat. Salah satu pengembangannya yaitu dari wujud pelayanan tiket yang bisa dibeli melalui internet. Selain menjadikan stasiun lebih kondusif, cara itu juga menghindarkan masyarakat untuk menggunakan jasa calo-calo yang mengganggu diluaran stasiun. Dari internet kita bisa melihat berbagai informasi yang diberikan antara lain dari mulai jadwal keberangkatan, tujuan keberangkatan, kelas yang akan diambil sampai dengan berbagai harga yang bisa dipilih.

Tetapi dari kelebihan-kelebihan yang bisa didapatkan dari pembelian tiket di situs jual beli online juga ada beberapa kekurangannya. Seperti halnya penipuan travel agent yang sekarang ini banyak terjadi, bukan tiket yang didapatkan tetapi malah uang habis terbuang. Dunia online memang tidak kalah rentan aksi kejahatan seperti halnya dalam dunia nyata. Maka dari itu perlu berhati-hati dalam pemilihan tempat pembelian tiket online. Berikut ini tips penting yang perlu diperhatikan dalam pembelian tiket kereta online , antara lain:

1 | Pastikan Anda memilih situs yang benar-benar dapat dipercaya dan tentunya sudah terbukti aman. Banyaknya situs travel online yang bermunculan dan tidak semuanya dapat dipercaya kebenarannya. Tidak sedikit pelaku kejahatan yang memanfaatkan situs online untuk memperoleh keuntungan pribadi sehingga banyak merugikan masyarakat.

2 | Atau bisa menggunakan situs resmi langsung dari KAI yang sudah terbukti dapat terpercaya kebenarannya.

3 | Setelah Anda membukanya muncul form yang dapat diisi dengan data diri, selain itu juga akan tertera mengenai harga tiket yang bisa diambil. PT KAI sendiri biasanya sudah menerbitkan tiket kereta tujuan tertentu secara online sebelum 4 bulan keberangkatan. Sarannya pilih harga yang murah, terkadang fasilitas dan pelayanan yang diberikan tidak akan jauh berbeda.

4 | Setelah itu pilih tombol booking dan melengkapi beberapa data yang masih dibutuhkan dalam proses reservasi. Sarannya lebih teliti dalam pengisian apalagi mengenai nomor kontak yang bisa dihubungi.

5 | Selanjutnya ada halaman baru berisi mengenai data diri Anda, jadwal keberangkatan dan juga pembayaran yang harus dibayarkan. Pembayaran bisa dilakukan melalui kartu kredit, ATM, kantor pos ataupun minimarket.

Setelah pembayaran dilakukan selanjutnya kode untuk tiket yang dipesan akan dikirim melalui email dan disitu berisi keterangan mengenai konfirmasi pemesanan tiket.

Pemesanan tersebut bisa melalui komputer ataupun gadget canggih yang sekarang ini umum digunakan hampir seluruh masyarakat Indonesia. Walaupun mudah tetapi Anda juga tidak bisa meremehkan untuk pembelian tiket secara mendadak. Karena dalam pembelian tiket kereta online maksimal dua hari sebelum jadwal keberangkatan. Biasanya secara otomatis kalau satu hari sebelum keberangkatan tiket tidak bisa dipesan dan kolom booking tidak lagi tertera.



No comments:

Post a Comment