Bitter Sweet: Mencari Oleh-Oleh Khas Surabaya, di Sentra UKM Merr

Thursday, August 4, 2016

Mencari Oleh-Oleh Khas Surabaya, di Sentra UKM Merr



Mencari Oleh-Oleh Khas Surabaya, di Sentra UKM Merr Setiap kali kita bicara sama temen kalau kita mau liburan, seringnya mereka akan berbicara “Jangan lupa oleh-olehnya ya!”yap, bukan “Hati-hati” atau hal macam lainnya. Memang kalau liburan itu pasti hal yang selalu kita pikirkan adalah oleh-oleh. Nah, sempat kepikiran nggak, kalau ke Surabaya di mana kita bisa membeli oleh-oleh yang khas Surabaya?

Rujak cingur? Semanggi? Errr, sampai rumah bisa-bisa sudah basi.

Tentunya, kita mencari oleh-oleh yang tidak cepat basi. Paling nggak, sampai 24 jam ke depan. Meskipun saya pernah tinggal cukup lama di Surabaya, saya sama sekali tak pernah kepikiran apa dan di mana membeli oleh-oleh yang khas Surabaya. Akhirnya, kemarin ketika acara city tour, saya tahu di mana tempat membeli oleh-oleh khas Surabaya.


Kami diajak ke Sentra UKM Merr yang terletak di Jalan Sukarno-Hatta Merr. Bangunan berlantai empat itu berisi macam-macam oleh-oleh khas Surabaya yang diproduksi sendiri oleh warga Surabaya. Jadi, khasnya pake banget. Di lantai satu kita bisa menjumpai pelbagai macam kerajinan tangan, mulai dari bunga kering, kerajinan kerang, enceng gondok, boneka nusantara dan lain-lain. Banyak hal-hal unik dan cantik di lantai pertama ini. Saya suka melihat-lihat pelbagai macam kerajinan yang ditawarkan. Harganya pun relatif murah. Sehingga, kita bisa membelinya sebagai souvenir.

Di lantai kedua, kita akan menemukan pelbagai macam sandang alias baju-baju dan kain. Tak hanya baju-baju, mukena, dan aksesorisnya. Tapi, di sini kita bisa menemukan batik yang khas Surabaya, yaitu Batik Mangrove dan batik Bayu Sumilir yang harganya bisa mencapai 7jt perlembarnya.

Lantai terakhir, alias lantai tiga, kita akan disuguhi panganan khas Surabaya. Tentunya di sini kita bisa membeli oleh-oleh dengan harga terjangkau namun bisa dinikmati bersama keluarga. Saya menemukan sambal Cuk! Yang merupakan cabai uleg kemasan yang dibuat menggunakan bumbu-bumbu alami dengan resep racikan Wong Suroboyo. Jika kalian menyukai rasa pedas, sambal ini patut dicoba dan dijadikan oleh-oleh jika berkunjung ke Surabaya. Selain alami, Sambal Cuk! Juga memberikan 10 rasa berbeda yang siap membuat lidah Anda kepedesan.

Tak hanya sambal, teman-teman juga bisa menjumpai stik bayam, stik telo, Almond Crispy, Suoklat, dan beberapa macam jajanan lainnya.


Almond Crispy sendiri merupakan salah satu camilan khas Surabaya yang paling banyak digemari saat ini. Cemilan khas surabaya ini memang beda dari makan khas daerah pada umumnya. Selain rasanya yang benar benar enak dan kress namun dikemas cukup mewah. Bahkan, kawan saya yang berapa di Cilacap sempat bertanya mengenai panganan ini. Saya yang sering ke Surabaya, justru melongo tak mengerti. Makanya, kemarin pas melihat Almond Crispy, saya langsung teringat dengan kawan saya tersebut.

Jika ke Sentra UKM Merr di siang hari atau waktu beribadah, tak perlu khawatir. Di sini juga disediakan tempat sholat meskipun tak besar. Beberapa kekurangannya sih yang paling kentara tak ada tester, sehingga kawan yang datang dari luar Surabaya tak bisa mencicipinya. Untuk lantai empat, menurut informasi yang saya baca merupakan tempat pelatihan. Sayangnya, saya tidak tahu mengenai pelatihan apa.

Overall, Sentra UKM Merr patut dikunjungi untuk salah satu tujuan mencari oleh-oleh khas Surabaya. 

xoxo,
Wulan K.

2 comments:

  1. kalo ke surabaya paling suka sama almond crispynyaa XD

    ReplyDelete
  2. Mbak saya orang surabaya malah baru tau ada tempat yang menjual oleh2 khas surabaya. rekomended banget nih buat di share ke suami yg hobi dititipin oleh2 ama temen2nya yang diluar kota

    ReplyDelete