Bitter Sweet: Nikmati Keindahan Hutan Bakau Wonorejo Surabaya

Monday, July 25, 2016

Nikmati Keindahan Hutan Bakau Wonorejo Surabaya



Nikmati Keindahan Hutan Bakau Wonorejo SurabayaNamanya liburan atau jalan-jalan itu tidak ada habisnya. Mulai jalan-jalan ke mal, taman, atau ke luar kota. Ngomong-ngomong, soal liburan dan jalan-jalan. Kita tak harus jalan-jalan ke luar kota yang akan memberikan pengeluaran lebih. Dengan kata lain, kita mencari tempat liburan dengan budget seminim mungkin. Salah satunya adalah dengan liburan di dekat kota kita sendiri.

Bila teman-teman dekat dengan kota Surabaya atau bahkan berada di kota Surabaya, ada loh tempat yang asik buat jalan-jalan. Misalnya, ingin liburan di kota Surabaya ke tempat yang asri. Salah satu tempat alami atau alam yang bisa dikunjungi di kota Surabaya adalah hutan mangrove.

Sudah pernah dengar? Atau bahkan sudah pernah mengunjungi?


Jadi, kemarin bersama teman-teman di Surabaya, kami ikut rombongan City Tour yang diadakan oleh Dinas Pariwista Kota Surabaya, mengunjungi hutan Mangrove dan beberapa spot ajib lainnya. Tempat pertama yang kami kunjungi adalah hutan bakau Surabaya.

Jaman kuliah dahulu, saya seringkali main ke mangrove bersama teman sejawat. Dulu, keadaan Mangrove masih belum sebagus sekarang. Meskipun sekarang masih ada beberapa kekurangan, salah satunya jalan masuk menuju Mangrove yang sempit dan masih belum memadai. Mangrove Wonorejo sekarang lebih indah.

Hutan bakau Surabaya termasuk hutan bakau alami yang dikelolah oleh pemerintahan Surabaya. Di sana, teman-teman bisa menemukan pemandangan yang asri. Tak sekadar jalan-jalan saja. Hutan Mangrove bisa dijadikan tempat duduk-duduk sembari menikmati sejuknya hutan.

Di hutan bakau Surabaya ada jogging track yang bila kita masuk ke dalamnya, kita dikenakan biaya masuk Rp. 3000 per orang.  Jogging track berupa papan-papan kayu yang menjadi jalan utamanya.


Tak hanya melihat pemandangan Ekowisata Mangrove dengan berjalan kaki saja, tapi juga kita bisa naik perahu untuk menyusurinya. Cukup dengan mengeluarkan dana Rp. 25.000 setiap orang, teman-teman sudah bisa menikmati wisata hutan bakau di Surabaya ini dengan menggunakan perahu.

Meskipun hutan bakau Wonorejo termasuk wisata alam, tapi jangan khawatir mengenai fasilitas umum yang disediakan. Di sini, tersedia warung-warung makanan dan mushola. Sehingga, kita tak perlu merasa cemas ketika ingin menunaikan ibadah.

Sekarang tahu, kan, kalau Surabaya tak hanya identik dengan cuaca panasnya?


2 comments:

  1. tambah banyak tempat asyik yang bisa dikunjungi di tanah air ya. Cheers...

    ReplyDelete
  2. Hutan magrovenya hampir mirip di BJBR Probolinggo mba heee

    ReplyDelete