Bitter Sweet: Kemping Asyik Di Situ Gunung Sukabumi Yang Menarik

Wednesday, June 15, 2016

Kemping Asyik Di Situ Gunung Sukabumi Yang Menarik

taken from sadulur-mtma.blogspot.com

Kemping Asyik Di Situ Gunung Sukabumi Yang MenarikSitu Gunung kini telah menjadi tempat wisata yang menarik di Kota Sukabumi. Tidak hanya keindahan danaunya yang menarik perhatian pengunjung, tapi dengan pengembangan area wisata oleh pemerintah daerah maupun swasta, kini telah tersedia area camping yang bisa disesuaikan dengan gaya dan anggaran yang anda miliki.

Danau yang berada di ketinggian 1.100 mdpl ini termasuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Lokasi danau ini berada tidak jauh dari pusat kota Sukabumi kurang lebih hanya 16 km dan hanya 110 km dari Jakarta namun suasana yang tenang dan jauh dari kebisingan kota akan anda temui di sini. Alam yang alami, udara segar dan hijaunya pepohonan pinus yang mengelilingi danau memberikan kedamaian yang anda inginkan.

Untuk menuju ke lokasi wisata ini ada beberapa alternatif seperti menggunakan kereta api dari Stasiun Bogor. Di stasiun ini terdapat jadwal kereta dua kali sehari menuju Kota Sukabumi. Anda harus turun di Stasiun Cisaat dan melanjutkan perjalanan dengan menggunakan angkot menuju Kecamatan Kadudampit. Atau anda bisa mencarter angkot seharga Rp.80.000,00-Rp.100.000,00 hingga ke pintu gerbang Situ Gunung.

Bagi anda yang membawa kendaraan pribadi dari Jakarta, maka rute yang dilewati adalah Jakarta – Bogor – Ciawi. Selepas pintu tol  ini, anda tinggal lurus ke jalan yang menuju Sukabumi. Belok kiri ketika anda menemui pertigaan Cisaat dan menelusuri jalan ini kurang lebih 9 km hingga ke pintu gerbang Situ Gunung dengan total waktu tempuh adalah 3 -  4 jam perjalanan tergantung kemacetan di jalur Ciawi – Sukabumi.

Setelah membayar harga tiket masuk Rp.25.000,00 per orang, anda akan disuguhkan keindahan Situ Gunung dengan rimbunnya pepohonan pinus di sekelilingnya. Suasana yang tenang, sejuk dan hijau membuat pengunjung merasa sedang berada jauh di tengah hutan.

Photoright: parah1tajalanjalanyuk.com
Di tempat ini anda bisa memilih tipe kemping yang diinginkan. Jika anda seorang pecinta alam, tentu akan memilih paket kemah mandiri di mana anda membawa peralatan kemping yang lengkap sendiri. Area camping ground yang bernama Tegal Tepus merupakan area kemping umum yang berada tidak jauh dari danau. Jika anda ingin kemping di tepi danau, anda harus menyewa tenda dari pengelola kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango karena area tepi danau disewakan terpisah.

Sedangkan untuk anda yang ingin merasakan sensasi berkemah di alam terbuka tanpa harus pusing memikirkan perlengkapan dan lainnya, anda bisa menyewa paket kemping mewah di Tanakita yang diselenggarakan oleh Rakata Adventure.

Tanakita menghadirkan kemudahan berkemping dengan fasilitas lengkap sehingga bisa diikuti oleh siapa saja baik balita maupun orang lanjut usia dengan harga paket Rp.550.000,00 per orang. Fasilitas yang disediakan berupa kemah berkapasitas 4 orang yang nyaman dan hangat serta disertai soket listrik untuk keperluan  charging ponsel dan laptop anda. Tenda yang disediakan adalah tenda anti genangan dan telah dialasi palet plastik sehingga tidak langsung bersentuhan dengan tanah.

Photoright: arsyiarsyo.blogspot.com
Fasilitas kamar mandi dan toilet merupakan hal yang sangat diperhatikan oleh penyelenggara. Berada di ketinggian dengan suhu yang cukup dingin antara 18ᵒC - 22ᵒC menyebabkan sebagian orang bolak-balik ke toilet. Tanakita menyediakan toilet dengan air hangat yang selalu bersih dan harum serta cukup banyak agar tidak terjadi antrian.

Karena letaknya  di lereng bukit dan tidak ada penjual makanan, Tanakita memastikan pengunjung kemping ceria mendapatkan asupan makanan yang cukup dan lezat. Setiap paket mendapatkan 3 makan (sarapan, siang dan malam) dan 2 kali cemilan dengan kopi dan teh yang selalu tersedia 24 jam. Makanan yang disediakan berupa buffet dengan menu Sunda yang akrab di lidah masyarakat Indonesia.

Plus kegiatan yang menyehatkan dari penyelenggara berupa treking ke Curug Sawer, air terjun yang berada di kawasan Situ Gunung yang berjarak 1,5 km dari pintu gerbang dengan waktu tempuh satu hingga satu setengah jam. 

Photoright: yukpiknik.com

Selain curug, kegiatan lain yang termasuk dalam paket kemping ini adalah flying fox yang telah disediakan oleh panitia. Kegiatan ini sedikit memicu adrenalin karena sebelumnya peserta harus meniti bilah-bilah bambu untuk menuju tempat peluncuran yang membuat peserta semakin antusias.
Jangan lewatkan aktivitas berperahu di tengah danau yang dingin dengan menyewa perahu warga.  Anda dapat mendayung mengelilingi danau untuk melengkapi acara rekreasi anda di danau yang mempesona ini.


No comments:

Post a Comment