Bitter Sweet: Jangan Lupakan Hal-Hal Ini, Ketika Pergi Ke Pantai

Saturday, June 18, 2016

Jangan Lupakan Hal-Hal Ini, Ketika Pergi Ke Pantai


Jangan Lupakan HalIni, Ketika Pergi Ke Pantai - Beberapa Minggu yang lalu, saya pergi ke pantai. Tepatnya, ke Pantai Tambak Rejo Blitar, Jawa Timur. Seperti biasa, saya pergi ke pantai dengan saudara laki-laki saya. Kami ikut rombongan Mojopahit Jeep Community. Seperti sebelumnya, kami juga ikut rombongan tersebut ke Pantai Balekambang berlanjut ke pantai Goa China. Karena saya senang berlibur ke pantai, maka kesempatan kali ini tak saya lewatkan.

Ketika ke pantai, tentunya ada hal-hal yang harus dipersiapkan. Hal yang ketika di rumah nampak tak penting, tapi ketika perjalanan atau sudah sampai tujuan akan terasa amat penting. Biasa kan, ya, kita selalu berpikir “Ah, nanti bisa dibeli di sana,”nyatanya, jauh sekali berbeda.

Berikut adalah beberapa hal yang semestinya kita siapkan ketika berlibur ke pantai. Beberapa poin, tetap cocok untuk dijadikan pedoman ketika liburan, meskipun tidak ke pantai.


Perlengkapan Mandi

Seringkali, kita meremehkan hal-hal kecil semacam ini. Memang, perlengkapan mandi seperti sabun, pasta gigi, sikat gigi, serta handuk bisa didapatkan di mana saja, terlebih lagi di wisata pantai. Sayangnya, kita selalu lupa, jika di tempat wisata semuanya menjadi serba mahal dan kita pun jadi enggan untuk membelinya.

Liburan pertama ke pantai, saya sudah siapkan perlengkapan mandi. Mulai dari sabun, pencuci muka, sikat gigi dan pasta gigi, serta handuk. Tapi, saya lupa membeli shampo. Alhasil, di sana saya harus membeli shampo kemasan dengan harga Rp. 1000 per kemasan. Coba saja bayangkan jika tiga kali mandi membeli shampo kemasan. Belum lagi, uang yang harus dikeluarkan untuk membayar toilet umum.

Liburan kedua lebih parah lagi. Saya tidak membawa perlengkapan alat mandi sama sekali. Saya tidak ambil pusing awalnya. Ah, nanti beli di toko kelontong saja. Eh tapi, pas di toko saya malah sibuk membeli camilan dan melupakan tujuan awal masuk toko.

Obat-Obatan

Hal ini teramat penting, terlebih lagi bagi kalian yang tidak tahan naik kendaraan umum. Seperti saya. Lagi-lagi, saya hampir lupa membeli obat anti mabok. Takut saja nanti perjalanan tidak menyenangkan karena tidak enak badan. Maka, obat-obatan sangat penting untuk dibawa. Ya, meskipun minum obat anti mabok membuat mata mengantuk, but no problem.

Pakaian Ganti

Jangan sampai ya, lupa membawa pakaian ganti karena terlalu senang. Seperti kakak saya yang lupa membawa pakaian ganti, sehingga ia memakai kaus saya. Untungnya, kaus yang saya bawa adalah kaus milik dia yang saya ambil. *xoxo* Membawa pakaian ganti, terutama ketika ke pantai atau berencana menginap sangat penting. Kita kudu selalu terlihat segar saat liburan, karena kesegaran diri berpengaruh besar pada hasil foto selfi nantinya *tetep*.

Membawa pakaian ganti pun untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti tiba-tiba datang bulan – bagi perempuan -. Saya pernah loh begitu, ketika ke pantai di Tulungagung, saya tiba-tiba datang bulan dan akhirnya mengotori celana jeans saya. Waktu itu, kami tak berencana menginap sehingga tak membawa pakaian ganti. Alhasil, saya harus membeli celana di tempat wisata.

Aksesoris

Aksesoris di sini, tentunya yang saya maksud adalah aksesoris pantai. Apa saja itu? Kacamata dan topi pantai. Kalau kamu pengen punya foto yang yahud ketika foto dengan latar belakang laut yang biru, kedua aksesoris itu jangan pernah lewatkan. Kalau di gunung, aksesorisnya tentu saja topi wol atau syal. Kalau di pantai kacamata dan topi pantai dong.

Uang Receh

Poin ini tak hanya berguna digunakan untuk bepergian ke pantai saja. Tapi juga, bisa digunakan untuk ke tempat pariwisata lainnya. Tahu sendiri dong, di mana-mana banyak pengamen. Nah, di saat itulah uang receh sangat berguna. Untuk parkir, untuk ke toilet umum dan untuk pengamen. Hal remeh temeh semacam ini memang sering dilupakan, tapi kalau sudah butuh, tuh wow sekali rasanya tidak menemukan uang receh di manapun.

Sublock

Membawa sunblock ke pantai adalah keputusan yang bijak. Bukan berarti kita kemayu ya. Tapi lebih ke melindungi diri sendiri. Memang sengatan sinar matahari di pantai tak terlalu terasa, tapi hasilnya luar biasa. Secara tidak langsung, tanpa sunblock wajah terekspos maksimal. Namanya juga di pantai dengan sinar matahari yang luar biasa.

Tongsis

Poin terakhir ini sangat wajib dibawa, meskipun pada wisata pantai saya yang terakhir saya tidak membawanya. Saya lupa, kalau sudah mempunyai tongsis. Ah, di sana saya benar-benar menyesal. Kenapa begitu bodohnya, melupakan benda yang saya impi-impikan ketika ke pantai. Dan, ternyata tertinggal.

Hal-hal di atas memang terlihat sangat sederhana dan seringkali terlupa, tapi hal-hal tersebut sangat dibutuhkan ketika waktu yang tepat. Seringnya, kita justru meremehkan dengan pemikiran.”Ah, nanti saja.”


xoxo,
Wulan K.

3 comments:

  1. Terakhir jangan lupa buang sampah di tempatnya 😅

    ReplyDelete
  2. Aku sering banget mampir tanpa terencana ke pantai. Dan emang gak enak banget kalau ke pantai tanpa prepare baju ganti dan perlengkapan mandi. Geregetan tanpa bisa nyebur. Ha..ha...

    ReplyDelete
  3. hehehe..tongsis dan kamera atau HP wajiiib banget yah :)

    ReplyDelete