Bitter Sweet: Mengunjungi Objek Wisata Situs Kerajaan Majapahit di Mojokerto

Monday, May 9, 2016

Mengunjungi Objek Wisata Situs Kerajaan Majapahit di Mojokerto


Mengunjungi Objek Wisata Situs Kerajaan Majapahit di Mojokerto
Kalau biasanya Bitter Sweet bahas tempat-tempat nongkrong dan jajanan, saya mau posting mengenai tempat wisata bersejarah di Mojokerto. Tentunya, teman-teman sudah menebak tempat apa itu. Seperti yang kita ketahui, Mojokerto dulunya adalah kerajaan Majapahit. Pastinya, di sini banyak peninggalan bersejarah. Seperti Candi Tikus, Kolam Segaran, dan banyak pengerajin patung juga loh.

Bagi teman-teman yang hanya sehari berada di Mojokerto, bisa loh melakukan perjalanan bersejarah dalam sehari saja. Seperti yang saya lakukan kemarin, dengan kakak dan adik saya.

1 | Candi Brahu


Candi Brahu merupakan candi yang terdapat di kawasan situs arkeologi Trowulan, Mojokerto. Tepatnya, berada di Dukuh Jambu Mente, Desa Bejijong, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. Candi Brahu dibangun dengan bata merah – seperti kebanyakan candi lainnya, yang dibangun tanpa semen atau perekat. Tentu, batu bata merah tersebut berukuran besar. Sayangnya, ada beberapa batu bata yang sudah tak asli lagi, karena saya lihat ada beberapa yang dibangun kembali.




Teman-teman bisa datang ke sini, dengan membayar tiket masuk Rp. 3000,-



2 | Kampung Majapahit


Di kawasan ini, merupakan jalan menuju Patung Budha Tidur, terdapat rumah-rumah yang dibangun oleh pemerintah dengan bagian depan berupa rumah adat Jawa jaman dahulu. Melewati tempat ini, seakan kembali ke masa silam loh. Memang sih, tak semua rumah terdapat bangunan adat Jawa, karena terkadang hanya bagian depannya saja.



Desa ini tepatnya terdapat di Desa Bejijong, Trowulan, Mojokerto.

3 | Patung Budha Tidur




Tempat ini sudah fenomenal dengan julukan replika Budha Tidur di Thailand ya. Jadi, pastinya sudah tak asing lagi. Patung Budha Tidur Mojokerto terletak di Jl. Raya Trowulan, Bejijong, Trowulan, Mojokerto, Jawa Timur. Tentunya, tidak jauh dari dua tempat yang saya sebutkan di atas. Patung Budha Tidur berada di dalam kawasan Maha Vihara Majapahit. Di sini teman-teman bisa melihat beberapa patung Budha. Selain itu, tempat ini juga bisa dijadikan rekreasi keluarga dan tempat bersantai.














Sebagai informasi, daerah di Trowulan teman-teman juga akan menemukan banyak pengerajin patung dari batu kali loh.

Selamat berwisata!


xoxo,
Wulan K.

4 comments:

  1. Beberapa tempat itu sudah saya kunjungi.
    Dulu malah sering ke Trowulan untuk mengikuti acara Semaan AlQuran.
    Kapan2 mau masuk lagi ach
    Terima kasih infonya
    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
  2. Belum pernah ke Mojokerto kecuali kunjungan pabrik Ajinomoto ke Mojokerto saat saya masih kerja di Ajinomoto pusat Jakarta. Duluu bangeet. Tapi saya penasaran dengan kecantikan gadis-gadis Mojokerto. Cantik-cantik kayak gadis-gadis Kediri ya..

    ReplyDelete
  3. Aku pernah ke Trowulan, ke patung budha tidur. Besar banget uy patungnya.

    ReplyDelete
  4. Keren ya wisata sejarahnya. Murah lagi tiket masuknya. Pdhl nilai historinya tinggi banget. Semoga tetap terjaga tempat2 itu :D

    ReplyDelete