Bitter Sweet: Icip-Icip Gudeg Yu Djum

Wednesday, April 13, 2016

Icip-Icip Gudeg Yu Djum





Icip-Icip Gudeg Yu Djum - Hal yang paling saya sesalkan ketika mengunjungi House Of Raminten adalah lupa memesan nasi gudeg. Memang, saya pernah makan nasi gudeg. Tapi, gudeg tersebut saya beli di Surabaya. Saya belum pernah mencicipi yang langsung dari tanah kelahirannya, yaitu Yogyakarta. Untuk itu, saya meminta Rizky untuk mengantarkan saya ke penjual gudeg, dan Rizky mengajak saya ke Gudeg Yu Djum, yang berada di belakang kampus UGM.


Sampai di Gudeg Yu Djum, saya baru menyadari kalau kawasan tersebut merupakan pusat penjual gudeg. Lalu, kenapa kami ke Gudeg Yu Djum? Kata Rizky sih, Gudeg Yu Djum paling terkenal. Padahal, dia sendiri tak doyan makan Gudeg. Lokasi Guded Yu Djum, lebih tepatnya berada di Jalan Kaliurang Km 4,5 Karang Asem CTIII/06 Barek, Sleman Yogyakarta. Ada juga di :

Jl. Wijilan No.167 Yogyakarta (Timur alun alun utara)
Jl. Kaliurang Km. 5 Koncoran Gg. Sri Katon 2 Yogyakarta
Jl. Laksda Adisucipto KM. 9 No. 6A Jogja (dekat bandara adisucipto)
Jl. Dagen No. 2C (Malioboro), Yogyakarta
Jl. AM sangaji No.93 Monjali Yogyakarta (utara Hotel Tentrem)
jl Wates km 12 kalakan, bantul

Saya memesan paket Nasi Gudeg Krecek Paha Atas dan es jeruk. Rizky, hanya memesan es jeruk karena dia tidak suka makan makanan manis. 

Rasa Gudeg Yu Djum


Saya pernah makan gudeg di Surabaya, rasanya manis, tapi masih ada rasa asin. Kalau Gudeg Yu Djum ini, rasanya manis sekali. Harum dari gula merah sangat terasa. Warnanya pun merah kecokelatan. Terlihat sekali kalau banyak gula di sana. Paket nasi yang saya pesan, selain gudeg, ada pelengkapnya seperti tempe, dan krecek. Untuk kreceknya, saya kira tahu yang dimasak terlalu matang, ternyata bukan. Krecek tersebut semacam krupuk yang terlalu lama terendam air. Saya tidak suka. *xoxo*

Harga


Harga satu porsi gudeg yang saya pesan Rp. 26.000 dan untuk minuman Rp. 5000. Ada beberapa macam paket gudeg di sini. Yaitu, paket nasi (seperti saya tadi), paket besek (penyajian di dalam besek, kebanyakan untuk dibawa pulang), dan paket kendil.
taken from http://gudegyudjum.co.id/

taken from http://gudegyudjum.co.id/

taken from http://gudegyudjum.co.id/

taken from http://gudegyudjum.co.id/


Okay, silakan yang sedang berlibur ke Jogja mampir ke makanan khas Jogja ini. Bagi yang nggak suka makanan manis, jangan coba-coba deh. *xoxo*

xoxo,
Wulan K.

3 comments:

  1. aku udah manis sih, jadi kalo ke Jogja juga malah jarang mesen menu ini hahahaha ampun yaaa narsis :p
    pernah nyobain di depan gerbangnya Beringharjo, enak loh. Meskipun rame dan antri, dibungkus pun tetap enak hihi :)

    ReplyDelete
  2. Kangen gudeg jadi kangen Om Duta *eh

    ReplyDelete
  3. aku trmasuk suka bgt ama gudeg, tapii kalo gudeg yu djum ini agak kurang masuk krn terlalu manis :D.. selera aja sih mbak sebenernya... kalo ke jogja langganan gudegku gudeg bu H. Amad.. krn ga terlalu manis dan sambel kreceknya pdes :D.. susah memang lidah org sumatra dipaksa makan manis ;p

    ReplyDelete